Membiasakan Diri Menonton Film Berbahasa Inggris



Membiasakan Diri Menonton Film Berbahasa Inggris
 
 

Waktu liburan ataupun senggang banyak dimanfaatkan seseorang untuk mengistirahatkan diri sejenak dari tugas sekolah dan kerja. Ada yang menghabiskan waktunya dengan berbelanja, jalan-jalan ke luar kota bahkan ada yang sepanjang harinya dihabiskan hanya di datas sofa dan menonton film.


Banyaknya ragam film yang bisa dinikmati membuat hampir semua orang senang menonton film. Dari mulai anak kecil yang gemar menonton film kartun, para remaja yang gemar menonton film drama hingga para orang tua yang menonton film petualangan. Terkadang selera di suatu keluarga sama sehingga membuat mereka bisa duduk bersantai bersama-sama menikmati akhir pekan dengan menonton film.


Saat-saat inilah yang bisa dimanfaatkan para orang tua untuk terus bisa berdekatan dengan anaknya meskipun kesibukan yang terjadi di jam kantor. Orang tua yang sibuk banyak menyerahkan begitu saja pendidikan kepada pihak sekolah ataupun kursus tempat anaknya belajar. Sebenarnya peran orang tua dalam pendidikan sangat penting bagi perkembangan anak-anaknya.
Menonton film bersama keluarga
 
Manfaatkan waktu liburan anda dengan menonton film bersama keluarga. Untuk menambah kosakata dalam bahasa Inggris, biasakan menonton film yang menggunakan bahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle atau terjemahan. Bagi anak Anda yang masih kecil, suguhkan film kartun seperti Dora and The Explorer ataupun Frozen untuk menambah kosakata sang Anak. Belajar bahasa Inggris akan terasa lebih menyenangkan dengan menonton film kesukaan sang anak.


Selain menambah kosakata sang anak, menonton film juga akan membiasakan Anda dan keluarga mendengarkan cara pengucapan kosakata bahasa Inggris langsung dari native speaker. Ini jelas menghemat pengeluaran Anda. Tanpa perlu ke luar negeri ataupun mendatangi tempat yang dipenuhi dengan native speaker, Anda sudah bisa membiasakan diri mendengarkan cara pengucapan yang baik dan benar.


Ungkapan yang biasa diucapkan para native speaker jadi semakin Anda kenali. Mungkin ungkapan itu tidak bisa Anda dapatkan di dalam kamus tebal yang Anda miliki di sudut kamar namun dengan menonton film, Anda bisa menambah pengetahuan mengenai ungkapan yang biasa diguanakan dalam bahasa Inggris.
Membaca Buku, Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris 
Segudang cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris salah satunya dengan rajin membaca buku berbahasa Inggris. Anda akan mendapat dua keuntungan, pintar berbahasa Inggris dan tentu saja menambah ilmu pengetahuan. Mari dicoba!
Mahir Berbahasa Inggris Karena Rajin Membaca Buku
 
Buku adalah jendela ilmu, begitu pepatah mengatakan. Nampaknya rangkaian kata tersebut tak hanya sekedar pepatah belaka. Dengan membaca buku konon Anda dapat seolah menguasai dunia, informasi dunia lebih tepatnya. Jika Anda mengolaborasikan manfaat membaca buku dengan keinginan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, pasti hasilnya maksimal.

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisinya disebut halaman.

Membaca buku bahasa Inggris ternyata membawa dampak positif. Selain wawasan Anda bertambah luas, kemampuan Anda memahami bahasa Inggris dalam bentuk teks juga semakin meningkat. Banyak kalimat dan ungkapan bahasa Inggris yang tidak dapat diartikan secara harafiah justru mampu Anda kuasai. Anda pun bisa memanfaatkan kemahiran ini untuk keperluan penerjemahan. Semakin mahir Anda mengartikan bahasa Inggris, semakin terbuka lebar pula kans Anda untuk terjun ke ranah penerjemahan.

Sebelum Anda mahir menulis, Anda diwajibkan untuk betah membaca buku. Begitu pula dengan bahasa Inggris. Kemampuan menulis bahasa Inggris Anda lambat laun menanjak. Kosa kata yang Anda kuasai pun tidak itu itu saja sehingga Anda dapat menulis satu arti kalimat bahasa Indonesia dengan gaya bahasa Inggris berbeda-beda.
Mulailah dari Sekarang
 
Jangan tunda-tunda lagi niat Anda belajar bahasa Inggris melalui kegiatan membaca buku. Ciptakan suasana belajar yang menarik sehingga materi belajar cepat dipahami. Mulailah sekarang dan lakukan hal berikut :

1. Pilih jenis buku favoritmu. Penyesuaian jenis buku yang diminati akan menjadi tolak ukur ketercapaian pemahaman bahasa Inggris Anda.

2.  Catat setiap kalimat, istilah atau ungkapan dalam bahasa Inggris yang tidak Anda pahami. Lalu cari artinya di dalam kamus, baik kamus umum mengenai kosa kata maupun kamus khusus mengenani ungkapan.

3.  Baca berulang kalimat yang tidak bisa Anda pahami dengan hanya sekali membaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »