RPP GERAK MELINGKAR BERATURAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                     : SMA NEGERI 1 JUHAR
Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran        : FISIKA
Alokasi Waktu         : 8 Jam Pelajaran


Standar Kompetensi
          2.   Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.

Kompetensi Dasar
         2.2  Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.


Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Megidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
2.      Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif.
3.      Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan pengertian gerak melingkar.
2.    Menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Mendeskripsikan besaran-besaran dalam gerak melingkar.
4.    Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Beraturan (GMB).
5.    Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
6.    Membedakan Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
7.    Menganalisis aplikasi gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
8.    Menghitung besaran-besaran yang terkait dengan gerak melingkar.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.


B. Materi Pembelajaran
          Gerak Melingkar dengan Laju Konstan



C. Metode Pembelajaran1
             1.  Model    :  -  Direct Instruction (DI)
                                    -  Cooperative Learning
              2.   Metode :  -  Diskusi kelompok
                                    -  Eksperimen
                                    -  Observasi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas
l Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi.
·      Siswa dapat  Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda.

D. Langkah-langkah Kegiatan                                                         

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     -     Sebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.                  
     -     Sebutkan ciri-ciri gerak melingkar.
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Apa yang dimaksud dengan gerak melingkar?
      -   Apa yang menjadi ciri khas gerak melingkar?
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai ciri-ciri gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan besaran-besaran fisika dalam gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

PERTEMUAN KEDUA
           a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l  Sebutkan contoh gerak melingkar beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
l  Mengapa ketika kendaraan melewati jalanan yang melengkung, supir harus hati-hati dan mengurangi kecepatan mobilnya?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -    Apakah syarat terjadinya gerak melingkar beraturan?
      -    Berapakah batas kecepatan mobil ketika melewati jalanan yang      melengkung?          
            b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gerak melingkar beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik dan syarat terjadinya gerak melingkar beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar beraturan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan percepatan sentripental yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai percepatan sentripental yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai percepatan sentripental. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan penerapan konsep gerak melingkar beraturan pada laju satelit ketika mengitari bumi dan laju kendaraan di jalan yang melengkung yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai laju satelit ketika mengitari bumi dan laju kendaraan di jalan yang melengkung yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai laju satelit ketika mengitari bumi dan laju kendaraan di jalan yang melengkung. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KETIGA

            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l  Sebutkan contoh gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
l  Sebutkan dua percepatan yang dimiliki benda yang mengalami gerak melingkar berubah beraturan.
l  Prasyarat pengetahuan:
      -     Apakah syarat terjadinya gerak melingkar berubah beraturan?
      -     Apakah perbedaan antara percepatan sentripental dan   percepatan tangensial?
            b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gerak melingkar berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik dan syarat terjadinya gerak melingkar berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai percepatan tangensial, kecepatan sudut sebagai fungsi waktu, dan sudut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
            c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

PERTEMUAN KEEMPAT
            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      Sebutkan penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari- hari?
l  Prasyarat pengetahuan:
  -    Bagaimana penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari- hari?
l  Pra eksperimen:
       -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
            b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik dalam setiap kelompok diberikan tugas untuk melakukan pengamatan tentang penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Setiap kelompok melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil alumunium yang fleksibel, batang besi, pemutar, dan tali. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengamati pengaruh gerak rotasi terhadap jari-jari bumi (proyek ilmiah h.134). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan eksperimen yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

            c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman 123-140
 b.  Buku referensi yang relevan
             c.  Alat dan bahan praktikum
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-       Tes tertulis
-       Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
-       Tes PG
-       Tes uraian
-       Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Sebuah benda berhenti setelah melakukan 10 putaran. Apabila kecepatan sudutnya mula-mula 20 rpm, maka waktu yang dibutuhkan benda sampai berhenti adalah ....
     a. 60 sekon                                                       d. 10 sekon
     b. 30 sekon                                                       e. 1 sekon
     c. 15 sekon
-  Contoh tes uraian
Sebuah bor gigi (jari-jari 1 cm) dirancang agar mempunyai percepatan 1.000 rad/s2. Agar sebuah titik pada permukaan sisi samping bor dapat menempuh putaran sejauh 12 m, tentukan waktu putaran yang dibutuhkan. Anggap posisi awal bor dalam keadaan diam. 



-  Contoh tugas rumah
Buatlah kliping yang menarik mengenai penerapan konsep gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel mengenai topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.


Juhar, ……………………….
Mengetahui
Kepala SMA NEGERI 1 JUHAR                                      Guru Mata Pelajaran




KAWALI KARO-KARO, S.Pd                                            ABDI EKA TARIGAN.
NIP. 19620324 198803 1 003                                            NIP. 19720515 200012 1 001

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »