RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA NEGERI
1 JUHAR
Kelas / Semester : X (sepuluh) /
Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi
2. Menerapkan
konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.
Kompetensi Dasar
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan
kecepatan dan percepatan konstan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
“ Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan.
“ Menganalisis
besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan.
“
Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan
konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.Mendeskripsikan
definisi dari beberapa besaran gerak.
2.Menganalisis
Gerak Lurus Beraturan (GLB) dalam kehidupan sehari-hari.
3.Menganalisis
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dalam kehidupan sehari-hari.
4.Menghitung
besaran-besaran yang berkaitan dengan GLB, GLBB, dan gerak vertikal.
5.Menggambar
grafik gerak lurus beraturan.
6.Menggambar
grafik gerak lurus berubah beraturan.
7.Menentukan
perpindahan benda berdasarkan kurva kecepatan-waktu.
8.Menganalisis
gerak peluru sebagai perpaduan gerak dalam arah horizontal dan gerak dalam arah
vertikal.
9.Menghitung
besaran-besaran yang terkait dengan gerak peluru.
“ Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Gerak Lurus dengan
Kecepatan dan Percepatan Konstan
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Observasi
- Eksperimen
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak
lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
dalam diskusi kelas.
|
·
Melakukan percobaan GLBB dengan menggunakan kereta
dinamik
|
· Siswa
dapat Melakukan percobaan GLB dengan
menggunakan kereta atau mobil mainan.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l
Motivasi dan Apersepsi:
·
Sebutkan beberapa contoh gerak lurus dalam kehidupan
sehari -hari?
·
Mungkinkah perpindahan sebuah benda lebih besar dari pada
jarak tempuhnya?
l
Prasyarat pengetahuan:
-
Apa yang dimaksud dengan gerak lurus?
-
Apakah pengertian jarak tempuh?
b. Kegiatan Inti
“
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
“
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
l Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian posisi.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan aturan dan
contoh posisi dalam sumbu koordinat yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai perbedaan antara perpindahan dan jarak tempuh. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk memberikan contoh perpindahan dan jarak tempuh dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan perbedaan antara kecepatan rata-rata dan laju rata-rata. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan contoh soal mengenai kecepatan rata-rata dan laju rata-rata yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menjawab soal mengenai kecepatan rata-rata dan laju rata-rata di
depan kelas, sedangkan yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menjelaskan konsep kecepatan sesaat sekaligus memberikan contoh soal. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan percepatan rata-rata dan
percepatan sesaat. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh percepatan rata-rata dan
percepatan sesaat dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai
percepatan rata-rata dan percepatan sesaat yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal mengenai
percepatan
rata-rata dan percepatan sesaat. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
“
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KEDUA
a.
Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan
Apersepsi:
-
Apakah tujuan lintasan rel kereta api harus dibuat lurus dan mendatar?
- Gerak jatuh peloncat indah
tergolong GLB atau GLBB?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apa yang dimaksud dengan gerak
lurus beraturan?
- Apakah ciri dari gerak lurus
berubah beraturan?
l Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
peralatan laboratorium.
b.
Kegiatan Inti
“
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
l Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
“
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
l Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian gerak lurus beraturan dan cirinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai contoh gerak lurus beraturan dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan contoh gerak lurus beraturan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai gerak
lurus beraturan yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal mengenai gerak lurus
beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian gerak lurus berubah beraturan dan cirinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh gerak lurus berubah beraturan dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan contoh gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan
sehari-hari. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai gerak
lurus berubah beraturan yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal mengenai gerak lurus
berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil seperangkat pewaktu ketik (power supply, pita ketik, dan kertas
karbon), troli, dan mobil mainan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mempresentasikan langkah kerja
untuk melakukan eksperimen mempelajari gerak lurus beraturan dan gerak lurus
berubah beraturan (kegiatan 4.1 halaman 85). (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik dalam setiap kelompok
melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memeriksa eksperimen yang
dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika
masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
“
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
l
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l
Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana menentukan ketinggian maksimum gerak vertikal?
-
Apa manfaat menggambarkan gerak dengan menggunakan grafik?
l
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah syarat terjadinya ketinggian maksimum gerak vertikal?
-
Bagaimana langkah-langkah menggambarkan gerak dengan menggunakan grafik?
b. Kegiatan Inti
“
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
“
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
l Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian gerak vertikal dan cirinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh gerak vertikal dalam
kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan contoh gerak vertikal dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan peserta didik diminta untuk
melemparkan sebuah bola ke atas di depan kelas, sedangkan peserta didik yang
lain memperhatikannya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan melemparkan sebuah bola ke atas.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan cara mendapatkan rumusan untuk menentukan ketinggian maksimum
gerak vertikal yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan contoh soal mengenai gerak vertikal yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal mengenai gerak
vertikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan langkah-langkah menggambar grafik gerak lurus beraturan dan
grafik gerak lurus berubah beraturan yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menjelaskan cara menentukan posisi dari kurva kecepatan-waktu.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan contoh soal menggambar grafik gerak lurus beraturan, grafik gerak
lurus berubah beraturan, dan menentukan posisi dari kurva kecepatan-waktu yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal menggambar
grafik gerak lurus beraturan, grafik gerak lurus berubah beraturan, dan
menentukan posisi dari kurva kecepatan-waktu. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
“
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman.
l
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN
KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l
Motivasi dan Apersepsi:
-
Sebutkan contoh gerak dua dimensi dalam kehidupan sehari-hari.
-
Apakah berat benda mempengaruhi gerak parabolik?
l
Prasyarat pengetahuan:
-
Apa yang dimaksud dengan gerak dua dimensi?
-
Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi gerak parabolik?
b. Kegiatan Inti
“
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
“
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
l Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian gerak dua dimensi dan cirinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh gerak dua dimensi
dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan contoh gerak dua dimensi dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan peserta didik diminta untuk
menembakkan peluru yang berasal dari pistol mainan ke atas di depan kelas,
sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan menembakkan peluru yang berasal dari pistol mainan ke atas. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan cara mendapatkan rumusan untuk menentukan ketinggian maksimum dan
jangkauan maksimum gerak peluru yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan contoh soal mengenai gerak peluru yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal mengenai gerak peluru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar
atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan perumusan lintasan parabolik yang dihasilkan gerak peluru yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan contoh soal mengenai gerak parabolik sebuah peluru yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa soal mengenai
gerak
parabolik sebuah peluru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
“
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika
SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman 73-122
b. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-
Tes tulis
-
Tes unjuk kerja
b.
Bentuk Instrumen:
-
Tes PG
-
Tes uraian
-
Tes identifikasi
c.
Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Sebuah mobil
mula-mula memiliki kecepatan 72 km/jam. Kemudian, mesin mobil dimatikan
sehingga mobil berhenti dalam waktu 40 menit. Perlambatan mobil tersebut adalah
....
a. 1,0 m/s2 d. 0,05 m/s2
b. 0,50 m/s2 e. 0,01m/s2
c. 0,25 m/s2
- Contoh tes uraian
Perlambatan
maksimum yang dapat dicapai sebuah mobil pada sebuah jalan yang basah adalah 5
m/s2. Mula-mula mobil bergerak dengan laju 100 m/s. Tentukan jarak
minimum untuk menghentikan mobil bila diukur dari tempat rem mulai diinjak.
Berapakah waktu tempuh untuk jarak tersebut?
- Contoh tes identifikasi
a. Manakah dari pernyataan berikut
yang berkaitan dengan GLB?
·
Luas daerah di bawah kurva v – t sama
dengan posisi benda.
·
Luas daerah di bawah kurva v – t sama
dengan perpindahan benda.
Juhar, ……………………….
Mengetahui
Kepala SMA NEGERI 1 JUHAR Guru Mata
Pelajaran
KAWALI KARO-KARO, S.Pd
ABDI EKA TARIGAN.
NIP. 19620324 198803 1 003 NIP. 19720515 200012 1 001