RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA NEGERI
1 JUHAR
Kelas / Semester : X (sepuluh) /
Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 6 Jam
Pelajaran
Standar Kompetensi
1.
Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengukur
besaran fisika ( panjang, massa, dan waktu).
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
- Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
-
Menganalisis besaran dan satuan dalam fisika.
-
Melakukan analisis dimensi terhadap besaran-besaran
fisika.
-
Membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan.
-
Menerapkan konsep besaran dan satuan dalam perhitungan
fisika.
-
Mendeskripsikan pengukuran dalam fisika.
-
Melakukan pengukuran secara langsung terhadap besaran
panjang, massa, dan waktu.
-
Melakukan pengukuran terhadap besaran turunan secara
langsung dan tidak langsung.
-
Menganalisis ketidakpastian dalam suatu proses
pengukuran.
-
Mengolah data
yang telah dikumpulkan dari suatu pengukuran.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Pengukuran Panjang,
Massa, dan Waktu
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi
kelompok
- Eksperimen
- Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan
beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca
lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di sekolah.
|
·
Membuat daftar (tabel)
nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan
secara individu yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran
massa: mayam di Sumut, untuk ukuran panjang: tumbak di Jabar).
|
·
Siswa Diskusi Mengukur besaran panjang, massa, dan
waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan
|
D. Langkah-langkah
Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Apakah panjang tergolong besaran pokok atau besaran turunan?
-
Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok?
-
Apakah yang dimaksud dengan satuan Sistem Internasional (SI)?
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian besaran. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok
dan besaran turunan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran
turunan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pengukuran. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pentingnya penggunaan satuan
Sistem Internasional (SI) dalam pengukuran.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran pokok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik memperhatikan penjelasan mengenai nilai satuan standar untuk
besaran-besaran pokok yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan satuan Sistem Internasional untuk
besaran turunan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI)
dari beberapa besaran turunan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan penggunaan awalan-awalan
satuan yang dibakukan dalam fisika yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi dan
memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik diminta untuk menuliskan lima contoh
analisis dimensi dari besaran turunan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memeriksa penulisan analisis dimensi dari besaran
turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau
belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.)
c. Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana cara
mendapatkan hasil pengukuran yang tepat?
- Dapatkah kita
megukur volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·
Prasyarat pengetahuan:
- Apa yang
dimaksud dengan pengukuran?
- Bagaimana cara
mengetuhui volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah
menggunakan peralatan yang digunakan dalam pengukuran.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran secara langsung dan
pengukuran secara tidak lanngsung dalam fisika. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mistar, jangka sorong dan mikrometer
sekrup. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
mempresentasikan bagian-bagian mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan
menunjukkannya kepada peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang
ditunjukkan oleh guru, jika terdapat kesalahan langsung diberi umpan balik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
mendemontrasikan langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek,
cara membaca skala, menentukan nilai, dan membandingkan tingkat ketelitian dari
hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer
sekrup. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
juga melakukan hal yang sama terhadap alat ukur neraca dua lengan, neraca
elektronik dan stopwatch. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan oleh guru (kegiatan 2.1
halaman 40). (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan
peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru
dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menjelaskan
pengukuran secara tidak langsung untuk besaran panjang, massa, dan waktu.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengukuran besaran turunan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengukur luas dan volume
banda yang berbentuk teratur dan tidak teratur. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan
Apersepsi:
-
Apa manfaat melakukan pengukuran berulang?
-
Berapakah angka penting dari bilangan 0,00005006?
l Prasyarat
pengetahuan:
-
Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki
kesalahan sekecil mungkin?
-
Bagaimana cara menentukan jumlah angka penting?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing peserta didik
dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan
terjadinya ketidakpastian dalam pengukuran.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam
pengukuran. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan jenis-jenis ketidakpastian dalam
pengukuran. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara
menentukan jumlah angka
penting. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
memberikan contoh soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai menentukan
jumlah angka penting di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru
memberikan beberapa soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting untuk
dikerjakan oleh peserta didik. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara
pengolahan data dari hasil pengukuran.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan
perbedaan antara variabel bebas dan
variabel terikat. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik
memperhatikan contoh pengolahan data dari hasil pengukuran tebal sehelai kertas
dengan menggunakan mikrometer sekrup yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik (dibimbing
oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan tugas rumah
berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis)
halaman 1-52
b. Lembar kerja
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes
unjuk kerja
- Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen:
- Uji petik kerja produk
- PG
-
Uraian
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh uji petik kerja produk
Isilah tabel berikut dengan mengamati
skala pada beberapa alat-alat ukur panjang. Tentukan nst serta
ketidakpastiannya.
No
|
Alat ukur panjang
|
nst
|
ketidakpastian
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
-
Contoh tes PG
Pasangan besaran dan satuan yang
berdasarkan satuan Sistem Internasional
adalah ....
a.
waktu,
menit
b.
panjang,
inci
c.
massa,
kilogram
d.
suhu,
celcius
e.
jumlah
zat, candela
-
Contoh tes uraian
Apa yang harus dilakukan agar
pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?
Juhar,
Juli 2015
Mengetahui
Kepala SMA NEGERI 1 JUHAR Guru Mata
Pelajaran
KAWALI KARO-KARO, S.Pd
ABDI EKA TARIGAN
NIP. 19620324 198803 1 003 NIP. 19720515 200012 1 001