Bukan Jamannya Lagi Takut Sama Kartu Kredit, Coba Kenalan Dulu Deh (Bagian 2)
Oke, sekarang lanjut lagi bahas kartu kredit. Di
bagian pertama sudah bahas dasar-dasar kartu kredit. Sekarang masuk level
poin-poin apa yang perlu diperhatikan saat pembuatan kartu kredit.
Bagaimana pun, kartu kredit ini nantinya
berdampak terhadap keuangan pribadi. Langsung saja baca di bawah ini poin-poin
yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum mengiyakan tawaran marketing kartu
kredit.
Bunga
Kartu kredit dan bunga itu seperti soulmate yang
tak bisa dipisahkan. Ya jelas, bagaimana pun efek dari penggunaan kartu kredit
adalah utang.
Jangan langsung tergiur promo suku bunga rendah
karena bisa jadi itu tak selamanya. Biar aman, tanyakan dengan detail ke
marketing bagaimana mekanisme suku bunga itu diterapkan dalam tagihan.
Iuran tahunan
Kartu kredit itu produk bank yang pastinya enggak
gratis. Makanya, menikmati layanan kartu kredit itu ada ‘biayanya’.
Paling kentara itu ada iuran tahunan. Besarannya
beda-beda tergantung dari jenis kartu dan penerbitnya. Ada yang mulai dari Rp
50 ribu sampai jutaan.
Mungkin ada penerbit yang membebaskan iuran
tahunan ini di tahun pertama, lalu berikutnya bayar. Ada pula penerbit kartu
kredit yang membebaskan iuran tahunan selamanya sepanjang kartu kredit
digunakan untuk transaksi dengan besaran nominal tertentu.
Fasilitas dan fitur
Nah, ini yang penting dan enaknya punya kartu
kredit. Bank paling getol untuk melengkapi fasilitas dan fitur kartu kredit
demi memikat nasabah.
Contohnya bisa dalam bentuk:
- diskonan,
- cicilan nol persen,
- layanan kelas atas saat berpergian,
- menyelesaikan tagihan rutin rumah tangga
seperti PDAM, PLN
- kemudahan bayar tagihan lewat berbagai cara
seperti ATM, autodebet, internet banking, dan lain-lain.
Saran penting, nih. Pilih kartu kredit yang
dilengkapi fasilitas dan fitur yang sesuai kebutuhan aja ya!
Fleksibel dan Jaringan luas
Percuma punya kartu kredit kalau banyak
batasannya. Misalnya, kartu kreditnya cuma bisa diterima di segelintir tempat
saja kartu kredit bisa diterima.
Biar dapat yang oke banget, enggak papa ceriwis
sama petugas banknya untuk menerangkan dengan detail seberapa luas kartu kredit
itu bisa digunakan. Itu emang tugasnya dia, kan.
Layanan customer service
Kamu itu raja dan berhak dapat pelayanan prima.
Pakailah prinsip ini dalam memilih penerbit kartu kredit. Cek rekam jejaknya,
bagaimana pelayanannya, bagaimana menerima keluhan, dan sebagainya.
Kalau perlu, layanan customer service buka selama
24 jam. Jadi kalau ada apa-apa bisa langsung kontak.
Selanjutnya…