Program Alih Fungsi Berubah Menjadi Program Keahlian Ganda


Program Alih Fungsi Berubah Menjadi Program Keahlian Ganda



Program Keahlian Ganda Nama Beda Kemasan Sama - Beberapa waktu yang lalu kemendikbud meluncurkan program baru untuk memenuhi kebutuhan guru produktif di SMK, yaitu program alih fungsi. Dan baru-baru ini muncul istilah baru yaitu Program Keahlian Ganda. Intinya program ini sama dengan Program Alih Fungsi, kemasannya tetap sama cuma nama saja yang berubah.

Hal ini merupakan kesempatan yang bagus bagi para guru untuk bisa mendapatkan sertifikat ganda. Hanya dengan mengikuti Program Keahlian Ganda guru bisa mendapatkan sertifikat keahlian guru produktif. Program ini akan berlangsung selama 12 bulan melalui empat tahap dengan ON dan IN.

"Untuk tahap ON itu, peserta belajar mandiri di sekolah asalnya, dan diberikan modul dan pendampingan. Sedangkan untuk tahap IN ada di industri dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK)," ungkap Dirjen GTK Kemendikbud Sumarna Surapranata, (4/11).

Menurut Pranata, pada akhir pelatihan, jika lulus ujian, guru yang menjadi peserta Program Keahlian Ganda bisa mendapat sertifikat ganda. Yaitu sertifikat keahlian dan sertifikat pendidik. Sertifikasi keahlian akan dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Sedangkan sertifikasi pendidik diterima setelah lulus Program Sertifikasi Guru melalui pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Saat ini, Kemdikbud memerlukan sekitar 91 ribu guru SMK untuk bidang-bidang yang menjadi prioritas. Yaitu maritim atau kelautan, pertanian dan ketahanan pangan, pariwisata, industri kreatif, serta teknologi dan rekayasa.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada dua cara yang ditempuh Kemdikbud. Yaitu melakukan rekrutmen dan program keahlian ganda (saat ini sedang berjalan). Untuk rekrutmen, menurut Pranata tidak mudah, karena suplainya juga belum tentu ada.

Karena itu, dalam jangka pendek (2016 hingga 2017), Kemendikbud menempuh cara kedua melalui Program Keahlian Ganda yang akan diikuti oleh 15.170 peserta. Untuk pengumuman hasil seleksi Program Keahlian ganda silahkan.

Mardiyas Sobi Penulis Mardiyas Sobi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »