5 Kelemahan Memiliki Kartu Kredit



Ini 5 Kelemahan Memiliki Kartu Kredit


http://beta.newopenx.detik.com/delivery/lg.php?bannerid=14948&campaignid=4880&zoneid=152&loc=1&referer=http%3A%2F%2Ffinance.detik.com%2Fread%2F2013%2F07%2F16%2F122617%2F2304108%2F5%2Fini-5-kelemahan-memiliki-kartu-kredit&cb=e427bbe551


Jakarta - Kartu kredit bukan merupakan produk yang kompleks, artinya bisa digunakan untuk segala hal, namun kebanyakan dari pengguna kartu kredit sering mengeluh. Meskipun mereka mengaku puas menggunakan kartu kredit, sebagian pengguna kartu kredit justru merasa frustasi akibat kartu kredit ini.

Berikut adalah sepuluh keluhan kartu kredit yang paling umum kita dengar dari penggunanya dan beberapa saran sederhana untuk menghindari masalah ini yang dikutip detikFinance dari Credit.com, Selasa (16/7/2013).

1. Harus Membayar Biaya Tahunan


Setiap kartu kredit pasti dibebankan biaya tahunan, namun besarannya berbeda-beda tiap bank. Banyak pemegang kartu kredit masih berharap untuk menggunakan kartu tanpa dikenakan biaya tahunan.

Solusi: Masih banyak cara untuk menghindari biaya tahunan atau Anda bisa menentukan satu kartu kredit yang tidak akan dikenai biaya tahunan.


2. Tingkat Bunga Terlalu Tinggi


Tagihan kartu kredit merupakan utang tanpa jaminan, dan biasanya memiliki tingkat bunga lebih tinggi dari kredit mobil atau rumah. Bahkan, kartu kredit sebagian besar memiliki tingkat suku bunga antara 10% dan 20%, yang terakumulasi dengan sangat cepat.

Solusi: Bagi mereka yang punya kredit yang baik, ada banyak kartu kredit yang menawarkan tingkat suku bunga rendah. Jika tidak, masih banyak cara untuk mencari bank yang tingkat suku bunganya rendah.

3. Kadang Bonus atau Reward Tidak Bisa Ditebus

 
Beberapa program reward kartu kredit dapat membingungkan pengguna kartu kredit. Lebih buruk lagi, banyak program justru yang hanya berlaku satu tahun terakhir lalu lenyap tanpa pemberitahuan kepada pengguna.

Solusi: Ada dua cara untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah meluangkan waktu untuk belajar tentang program-program kartu kredit Anda untuk mendapatkan hadiah yang paling berharga. Yang lain adalah tinggalkan program kartu kredit yang rumit dan beralih ke kartu cash back sederhana.

4. Penipuan Berkedok Tagihan Kartu Kredit


Banyak sekali pengguna kartu kredit saat ini dan beberapa di antaranya kena penipuan atas tagihan kartu kredit mereka.

Solusi: Otoritas setempat mengharuskan bank menyelidiki dan menghapus kasus penipuan, tapi Anda harus melihat dulu kasusnya seperti apa. Meluangkan waktu untuk memeriksa setiap pernyataan, dan kesalahan atau penipuan, adalah harga yang harus dibayar untuk menikmati kenyamanan dan keamanan dari produk ini.

5. Banyak Tawaran Kartu Kredit Lain


 
Banyak keluhan yang kita rasakan soal kartu kredit, hal itu terjadi karena produk kartu kredit masih merupakan pasar yang sangat kompetitif. Saking kompetitifnya, banyak dari kita menerima tawaran kartu kredit baru setiap harinya.

Solusi: Hubungi bank yang memberikan penawaran dan minta nama Anda dihapus dari penawaran kartu kredit tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »