Satu Powerbank Untuk Berbagai Perangkat



Satu Powerbank Untuk Berbagai Perangkat

Di tengah peningkatan kebutuhan akan powerbank, beberapa rekan pernah menanyakan kemungkinan satu powerbank untuk berbagai perangkat. Pertanyaan ini mungkin saja juga ada dalam benak sobat sekalian mengingat pada dasarnya, fungsi powerbank adalah sebagai portable charger yang dapat memindahkan tenaganya untuk mengisi baterai. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita telusuri.

Powerbank memiliki kemampuan membagi tenaga yang disimpannya untuk mengecas baterai. Dengan prinsip ini, sekilas kita dapat menyimpulkan bahwa alat ini dapat dimanfaatkan untuk mengecas berbagai macam jenis baterai, baik handphone, smartphone, tablet, maupun netbook. Terlebih powerbank juga dijual dengan berbagai colokan yang memungkinkan kita menghubungkannya dengan berbagai perangkat.


Namun demikian, cocok tidaknya power bank kita manfaatkan untuk mengecas baterai gadget kita sebenarnya tergantung dari beberapa hal dibawah ini, yaitu:

Kapasitas
Kapasitas powerbank sangat menentukan apakah alat ini bisa untuk mengecas suatu gadget. Jika kapasitas powerbank melebihi kapasitas baterai dari gadget tersebut, tentu powerbank dapat digunakan untuk mengecas secara maksimal (penuh). Sebaliknya, jika kapasitasnya kurang, tentu pengecasan tidak akan berjalan secara maksimal. 

Tegangan output
Tegangan output powerbank sangat penting diperhatikan jika kita ingin manfaatkannya untuk mengecas suatu gadget. Jangan sampai tegangan output tersebut berbeda dari kebutuhan dari gadget karena justru akan menimbulkan masalah baru atau bahkan dapat merusak gadget.

Colokan
Colokan pada powerbank harus sama dengan port yang ada di gadget. Jika dipaksakan, tentunya colokan akan rusak dan pengecasan akan terganggu. Meski kadang ada colokan yang mirip, namun ukuran colokan kadang tidak sama persis sehingga aliran arus tidak maksimal atau bahkan dapat menimbulkan konslet yang membahayakan gadget.

Nah, setelah mengetahui dan mencermati ketiga hal tersebut, sobat tentu dapat menyimpulkan apakah powerbank yang sobat miliki dapat digunakan untuk mencas aneka gadget. Memang pada dasarnya powerbank didesain sebagai portable charger yang multifungsi sehingga lazim kiranya alat ini dibuat sefleksibel mungkin untuk megencas aneka gadget, meski ada beberapa produsen yang memang memproduksinya khusus untuk gadget tertentu.

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »