5 Langkah Sederhana Untuk Temukan Minat & Bakat



5 Langkah sederhana untuk temukan
minat dan bakat


Semua orang pasti ingin bekerja di bidang yang mereka sukai atau menekuni profesi yang sesuai dengan bakat mereka. Kamu pun pasti begitu. Tetapi bagaimana kalau kamu belum menemukan bidang yang menjadi minat dan bakatmu?

Pernah terpikir kalau kamu tidak punya minat dan bakat untuk ditekuni? Semua orang pada dasarnya punya minat dan passion yang bisa dijadikan keahlian, kok. Mungkin kamu cuma belum menemukannya. Karena itu temukan sekarang juga. Simak tipsnya.

1. Cari tahu
Kamu pasti punya rasa ingin tahu terhadap beberapa hal di sekitarmu. Minat dimulai dari rasa ingin tahu. Cari tahu segala hal yang membuat kamu penasaran. Setelah itu, temukan bidang yang berkaitan dengan objek rasa penasaranmu itu dan gali lebih dalam. Mulailah dengan mempelajari hal yang menurutmu paling menarik dan mengundang rasa ingin tahu.

Kamu juga bisa memulainya dari orang-orang yang kamu kagumi. Misalnya saja kamu terkesan dengan tulisan-tulisan novelis seperti Dee atau puisi Pablo Neruda. Atau kamu mengidolakan Lionel Messi.

2. Coba sekarang juga
Menemukan bidang yang bisa memancing rasa ingin tahumu saja tidak ada gunanya kalau kamu tidak mencoba untuk melakukannya. Biasanya kalau sudah sampai tahap ini kamu suka cari-cari alasan untuk menunda mencobanya.

Tidak perlu banyak pertimbangan. Coba saja segala hal yang menjadi minatmu. Nantinya kamu akan menemukan satu bidang yang paling kamu sukai.

3. Lakukan yang terbaik
Meskipun kamu masih dalam tahap pencarian, lakukan ekplorasimu dengan sebaik-baiknya. Kalau kamu sedang mencoba menjadi seorang penulis misalnya, buatlah tulisan sebaik-baiknya. Begitu juga kalau kamu sedang menjajaki bidang olah raga tertentu. Jangan malas belajar dan berlatih. Sebab saat usaha kerasmu berbuah manis nanti, kamu akan semakin semangat untuk menjalaninya.

4. Temukan hal menarik di dalamnya
Saat sedang mengekplorasi bidang tertentu, tak jarang rasa jenuh membuat kamu ingin menyerah di tengah jalan. Untuk mempertahankan semangatmu, coba cari hal-hal menarik yang kamu temukan selama dalam proses eksplorasimu. Ingat hal menyenangkan apa saja yang kamu alami.

5. Jangan takut untuk menjalani
Setelah menemukan hal yang menjadi minat utama, bisa kamu pelajari dan kembangkan menjadi bakat, kadang kamu masih ragu untuk serius menjalaninya. Penyebabnya bisa macam-macam. Ketidaksetujuan orang tua, pendapat meremehkan orang lain, atau kekuatiranmu sendiri terhadap masa depanmu.

Mengejar passion sebagai pilihan hidup itu memang bukan hal mudah. Pasti ada proses jatuh-bangun yang harus kamu lalui sebelum mencapai kesuksesan. Jangan takut untuk menjalaninya, ya.

Itulah 5 langkah untuk menemukan minat dan bakatmu. Selamat melakukan pencarian.

Sumber : Merdeka.Com

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »