Perawatan Flashdisk agar Awet



Perawatan Flashdisk Agar Awet 


Flashdisk menjadi alternatif utama penyimpanan berbagai file softcopy dewasa ini, tak ayal harganya pun dibanting gila-gilaan. Terakhir yang kutahu, harga flasdisk 4GB adalah Rp. 55.000,-. Nggak tau sekarang, pastinya lebih murah. Karena persaingan harga yang begitu sengit, para produsen flashdisk terkadang mengabaikan kualitas produknya.

Pernah suatu ketika temen aku beli flashdisk, pas pulangnya dicoba, eh udah nggak bisa. Padalah baru beli dan baru sekali dipakai.  Tapi aku sendiri pernah punya flashdisk yang sangat bandel menurutku. Betapa tidak, flashdisk itu aku taruh kantong celana, lalu celana itu kecuci, otomatis flashdisknya juga dong. Setelah dicuci aku baru tahu kalau flashdiskku ketinggalan di kantong. Langsung aku ambil dan kemudian aku keringkan, eh bisa lagi :D Dan nggak pernah ngadat setelahnya (y). Yang terakhir ini aku punya flashdisk 16GB, kapasitas terbesar yang aku miliki hingga kini. Belum lama juga pakai flashdisk itu, eh pas dicolokin tau-tau muncul kotak dialog "Do you want to format?" Pusing dah, untungnya belum aku format. Masih proses recover datanya nih, lama amat sekali scan :( kurang lebih 24 jam. Jadi, sebetulnya kita bisa meminimalisir kerusakan pada flashdisk dengan mudah. Ini caranya.
Cara mudah merawat flashdisk :
  1. Apabila mau melepas flashdisk dari komputer/laptop kamu, jangan lupa klik Safely Remove Hardware di pojok kanan.
  2. Jangan memutar lagu, video apalagi film langsung dari flashdisk kamu. Mending kamu copas dulu ke komputer/laptop, baru dah kamu play.
  3. Lakukan defrag flashdisk setiap sebulan sekali.
Udah :D Mudah kan, cara di atas bisa juga diterapkan pada hardisk eksternal atau memory card (mmc). Kalau ada yang mau nambahin silakan menuju kotak komentar, selamat mencoba :) 


 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »