Model Pembelajaran Project Based Learning dan Kurikulum
2013
Apa kabar pembaca setia blog Abdi Eka Tarigan? Semoga
kita semua selalu dalam lindunganNya untuk mengemban tugas mulia memajukan
pendidikan anak bangsa untuk menyongsong era generasi emas di masa datang. Kali
ini, kami ingin berbagi mengenai model pembelajaran berbasis proyek (Project
Based Learning) dalam kaitannya dengan pendekatan saintifik (scientific
approach) dan implementasi Kurikulum 2013. Yuk disimak.
Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis
Proyek)
Apakah model pembelajaran berbasis
proyek itu? Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning)
adalah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai
inti pembelajaran. Dalam kegiatan ini, siswa melakukan eksplorasi, penilaian,
interpretasi, dan sintesis informasi untuk memperoleh berbagai hasil belajar
(pengetahuan, keterampilan, dan sikap).
Saat ini pembelajaran di sekolah-sekolah kita masih lebih terfokus pada hasil belajar berupa pengetahuan (knowledge) semata. Itupun sangat dangkal, hanya sampai pada tingkatan ingatan (C1) dan pemahaman (C2) dan belum banyak menyentuh aspek aplikasi (C3), analisis (C4), sintesis (C5), dan evaluasi (C6). Ini berarti pada umumnya, pembelajaran di sekolah belum mengajak siswa untuk menerapkan, mengolah setiap unsur-unsur konsep yang dipelajariuntuk membuat (sintesis) generaliasi, dan belum mengajak siswa mengevaluasi (berpikir kritis) terhadap konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang telah dipelajarinya. Sementara itu, aspek keterampilan (psikomotor) dan sikap (attitude) juga banyak terabaikan.
Saat ini pembelajaran di sekolah-sekolah kita masih lebih terfokus pada hasil belajar berupa pengetahuan (knowledge) semata. Itupun sangat dangkal, hanya sampai pada tingkatan ingatan (C1) dan pemahaman (C2) dan belum banyak menyentuh aspek aplikasi (C3), analisis (C4), sintesis (C5), dan evaluasi (C6). Ini berarti pada umumnya, pembelajaran di sekolah belum mengajak siswa untuk menerapkan, mengolah setiap unsur-unsur konsep yang dipelajariuntuk membuat (sintesis) generaliasi, dan belum mengajak siswa mengevaluasi (berpikir kritis) terhadap konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang telah dipelajarinya. Sementara itu, aspek keterampilan (psikomotor) dan sikap (attitude) juga banyak terabaikan.
Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project
Based Learning)
Di dalam pelaksanaannya, model
pembelajaran berbasis proyek memiliki langkah-langkah (sintaks) yang menjadi
ciri khasnya dan membedakannya dari model pembelajaran lain seperti model
pembelajaran penemuan (discovery learning model) dan model pembelajaran
berdasarkan masalah (problem based learning model). Adapun langkah-langkah
itu adalah; (1) menentukan pertanyaan dasar; (2) membuat desain proyek; (3)
menyusun penjadwalan; (4) memonitor kemajuan proyek; (5) penilaian hasil; (6)
evaluasi pengalaman.
Model pembelajaran berbasis proyek selalu dimulai dengan menemukan apa sebenarnya pertanyaan mendasar, yang nantinya akan menjadi dasar untuk memberikan tugas proyek bagi siswa (melakukan aktivitas). Tentu saja topik yang dipakai harus pula berhubungan dengan dunia nyata. Selanjutnya dengan dibantu guru, kelompok-kelompok siswa akan merancang aktivitas yang akan dilakukan pada proyek mereka masing-masing. Semakin besar keterlibatan dan ide-ide siswa (kelompok siswa) yang digunakan dalam proyek itu, akan semakin besar pula rasa memiliki mereka terhadap proyek tersebut. Selanjutnya, guru dan siswa menentukan batasan waktu yang diberikan dalam penyelesaian tugas (aktivitas) proyek mereka.
Dalam berjalannya waktu, siswa melaksanakan seluruh aktivitas mulai dari persiapan pelaksanaan proyek mereka hingga melaporkannya sementara guru memonitor dan memantau perkembangan proyek kelompok-kelompok siswa dan memberikan pembimbingan yang dibutuhkan. Pada tahap berikutnya, setelah siswa melaporkan hasil proyek yang mereka lakukan, guru menilai pencapaian yang siswa peroleh baik dari segi pengetahuan (knowledge terkait konsep yang relevan dengan topik), hingga keterampilan dan sikap yang mengiringinya. Terkahir, guru kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksi semua kegiatan (aktivitas) dalam pembelajaran berbasis proyek yang telah mereka lakukan agar di lain kesempatan pembelajaran dan aktivitas penyelesaian proyek menjadi lebih baik lagi.
Model pembelajaran berbasis proyek selalu dimulai dengan menemukan apa sebenarnya pertanyaan mendasar, yang nantinya akan menjadi dasar untuk memberikan tugas proyek bagi siswa (melakukan aktivitas). Tentu saja topik yang dipakai harus pula berhubungan dengan dunia nyata. Selanjutnya dengan dibantu guru, kelompok-kelompok siswa akan merancang aktivitas yang akan dilakukan pada proyek mereka masing-masing. Semakin besar keterlibatan dan ide-ide siswa (kelompok siswa) yang digunakan dalam proyek itu, akan semakin besar pula rasa memiliki mereka terhadap proyek tersebut. Selanjutnya, guru dan siswa menentukan batasan waktu yang diberikan dalam penyelesaian tugas (aktivitas) proyek mereka.
Dalam berjalannya waktu, siswa melaksanakan seluruh aktivitas mulai dari persiapan pelaksanaan proyek mereka hingga melaporkannya sementara guru memonitor dan memantau perkembangan proyek kelompok-kelompok siswa dan memberikan pembimbingan yang dibutuhkan. Pada tahap berikutnya, setelah siswa melaporkan hasil proyek yang mereka lakukan, guru menilai pencapaian yang siswa peroleh baik dari segi pengetahuan (knowledge terkait konsep yang relevan dengan topik), hingga keterampilan dan sikap yang mengiringinya. Terkahir, guru kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksi semua kegiatan (aktivitas) dalam pembelajaran berbasis proyek yang telah mereka lakukan agar di lain kesempatan pembelajaran dan aktivitas penyelesaian proyek menjadi lebih baik lagi.
ManfaatYang Dapat Diraih
Banyak sekali manfaat yang dapat
diraih melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based
Learning) ini, misalnya: (1) siswa menjadi pebelajar aktif; (2)
pembelajaran menjadi lebih interaktif atau multiarah; (3) pembelajaran menjadi
student centred); (4) guru berperan sebagai fasilitator; (5) mengembangkan
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa; (6) memberikan kesempatan siswa
memanajemen sendiri kegiatan atau aktivitas penyelesaian tugas sehingga melatih
mereka menjadi mandiri; (7) dapat memberikan pemahaman konsep atau pengetahuan
secara lebih mendalam kepada siswa; dsb.
Penilaian Dalam Model Pembelajaran Project Based Learning
Karena pembelajaran berbasis proyek dapat memberikan hasil belajar dalam bentuk pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill atau psikomotor), dan sikap (attitude atau afektif), maka penilaiannyapun dilakukan untuk ketiga ranah ini. Bentuk penilaian dapat berupa tes atau nontes. Sebaiknya penilaian yang dilakukan untuk model pembelajaran berbasis proyek ini lebih mengutamakan aspek kemampuan siswa dalam mengelola aktivitas-aktivitas mereka dalam penyelesaian proyek yang dipilih dan dirancangnya, relevansi atau kesesuaian proyek dengan topik pembelajaran yang sedang dipelajari hingga keaslian (orisinalitas) proyek yang mereka garap.
Penilaian Dalam Model Pembelajaran Project Based Learning
Karena pembelajaran berbasis proyek dapat memberikan hasil belajar dalam bentuk pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill atau psikomotor), dan sikap (attitude atau afektif), maka penilaiannyapun dilakukan untuk ketiga ranah ini. Bentuk penilaian dapat berupa tes atau nontes. Sebaiknya penilaian yang dilakukan untuk model pembelajaran berbasis proyek ini lebih mengutamakan aspek kemampuan siswa dalam mengelola aktivitas-aktivitas mereka dalam penyelesaian proyek yang dipilih dan dirancangnya, relevansi atau kesesuaian proyek dengan topik pembelajaran yang sedang dipelajari hingga keaslian (orisinalitas) proyek yang mereka garap.
Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kurikulum 2013
Dalam rasional perubahan kurikulum sebelumnya (KTSP/Kurikulum 2006) ke Kurikulum2013 disebutkan bahwa perkembangan pengetahuan dan pedagogi dalam hal ini neurologi, psikologi, observation based (discovery) learning dan collaborative learning adalah salah satu alasan pentingnya perubahan kurikulum. Hal ini tentu berimplikasi pada model-model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan mengajar di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang dianjurkan untuk digunakan adalah model pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, karena mengingat karakteristik-karakteristik unggul dari model pembelajaran ini yang mampu mengakomodasi alasan tersebut di atas.
Selain itu pembelajaran tentunya harus diubah dari kecenderungan lama (satu arah) agar menjadi lebih interaktif (multiarah). Melalui model pembelajaran ini, siswa juga akan dapat diharapkan menjadi aktif menyelidiki (belajar) dengan menyajikan dunia nyata (bukan abstrak) kepada mereka. Di dalam model pembelajaran ini, siswa akan bekerja secara tim (berkelompok) kooperatif dan mengubah pemikiran faktual semata menjadi pemikiran yang lebih kritis dan analitis.
Salah Satu Model Pembelajaran dalam Pendekatan
Saintifik
Model pembelajaran berbasis proyek (Project
Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan oleh guru sehingga secara otomatis guru berarti juga menggunakan
pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajarannya.
Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran di mana siswa memperoleh
pengetahuan berdasarkan cara kerja ilmiah. Melalui pendekatan saintifik ini
siswa akan diajak meniti jembatan emas sehingga ia tidak hanya mendapatkan ilmu
pengetahuan (knowledge) semata tetapi juga akan mendapatkan keterampilan
dan sikap-sikap yang dibutuhkan dalam kehidupannya kelak. Saat belajar
menggunakan model pembelajaran berbasis proyek ini, siswa dapat berlatih
menalar secara induktif (inductive reasoning). Sebagai salah satu model
pembelajaran dalam pendekatan saintifik, project based learning (model
pembelajaran berbasis proyek) sangat sesuai dengan Permendikbud Nomor 81 A
Tahun 2013 Lampiran IV mengenai proses
pembelajaran yang harus
memuat 5M, yaitu: (1) mengamati; (2) menanya; (3) mengumpulkan informasi; (4)
mengasosiasi; dan (5) mengkomunikasikan.
Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Aktif Termaktub Dalam Project
Based Learning
Dalam model
pembelajaran berbasis proyek ini, siswa melakukan pembelajaran aktif. Mereka
benar-benar akan dibuat aktif baik secara hands on (melalui kegiatan-kegiatan
fisik), maupun secara minds on (melalui kegiatan-kegiatan berpikir/secara
mental). Karena itulah, ruh dari pelaksanaaan model pembelajaran berbasis
proyek ini sesuai sekali dengan amanat Kurikulum 2013. Siswa, melalui
pembelajaran aktif akan melakukan aktifitas 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan).
Demikian tulisan mengenai Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam kaitannya dengan Kurikulum 2013 dari blog kesayangan kita Abdi Eka Tarigan. Semoga bermanfaat.
Demikian tulisan mengenai Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam kaitannya dengan Kurikulum 2013 dari blog kesayangan kita Abdi Eka Tarigan. Semoga bermanfaat.
Tg Morawa, June 2015