Bill Gates : Para Guru Memerlukan Umpan Balik Yang Sesungguhnya



Bill Gates : Para Guru Memerlukan Umpan Balik Yang Sesungguhnya

 

Semua orang memerlukan pelatih. Baik pemain basket, pemain tenis, pesenam, atau pemain bridge.
Kita semua memerlukan orang-orang yang dapat memberikan saran sehingga kita dapat menjadi lebih baik. Sayangnya, ada satu kelompok orang yang mendapat saran yang nyaris tidak sistematis untuk memperbaiki kinerja mereka, dan orang-orang ini memiliki satu pekerjaan paling penting di dunia. Mereka adalah para pengajar.

Saat saya dan Melinda melihat bagaimana mereka hanya mendapat sangat sedikit saran yang berguna kami terkejut. Hingga saat ini, hampir 98 persen guru hanya mendapatkan komentar dengan satu kata: Memuaskan. Jika pelatih bridge saya hanya berkata bahwa saya "memuaskan," saya tidak akan ingin menjadi lebih baik. Bagaimana saya bisa tahu siapa yang terbaik? Bagaimana saya bisa tahu saya melakukan hal yang berbeda? Kini, banyak daerah sedang ini mengubah cara mereka mengevaluasi para guru, namun kita masih tidak memberikan mereka umpan balik yang membantu mereka memperbaiki diri.

Para guru layak mendapatkan yang lebih baik. Sistem yang kita miliki saat ini tidak adil bagi mereka, juga bagi para siswa, dan ini mengancam kepemimpinan global Amerika. Jadi hari ini saya ingin berbicara tentang bagaimana kita dapat membantu para guru mendapat alat untuk memperbaiki diri seperti yang mereka harapkan dan pantas mereka dapatkan.

Mari kita mulai dengan bertanya siapa guru yang baik. Sayangnya tidak ada tabel peringkat internasional dalam sistem umpan balik para guru. Jadi saya melihat ke negara-negara dimana peringkat akademik para siswanya cukup bagus, dan melihat apa yang mereka lakukan untuk membantu para guru mereka memperbaiki diri.

Lihatlah peringkat kemampuan membaca. Yang nomor satu bukanlah Amerika Serikat. Bahkan kita tidak masuk dalam 10 besar. Kita berada di peringkat 15 bersama Islandia dan Polandia. Nah, dari semua daerah yang memiliki peringkat melek huruf yang lebih baik, ada berapa banyak yang memiliki sistem resmi yang bisa membantu para guru memperbaiki diri? Sebelas negara dari 14. Amerika Serikat ada di peringkat 15 dalam membaca, namun kita berada di peringkat 23 dalam ilmu pengetahuan dan 31 dalam matematika. Dan hanya ada satu bidang dimana kita hampir berada di posisi teratas, yaitu kegagalan untuk memberikan para guru bantuan yang mereka perlukan untuk mengembangkan keterampilan mereka.

Mari kita lihat tempat-tempat dengan kinerja akademis terbaik: Provinsi Shanghai di Cina. Mereka berada pada nomor satu dalam semua hal: membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan. Dan salah satu kunci kesuksesan Shanghai yang luar biasa adalah bagaimana mereka membantu para guru untuk terus memperbaiki diri. Mereka memastikan para guru junior mendapat kesempatan untuk melihat para guru senior bekerja. Mereka memiliki kelompok belajar mingguan dimana para guru berkumpul dan berbicara tentang cara-cara yang berhasil. Mereka bahkan mengharuskan setiap guru untuk mengamati dan memberi saran kepada rekan kerja mereka.

Anda mungkin bertanya, mengapa sistem seperti ini penting? Karena ada begitu banyak keragaman dalam mengajar. Beberapa guru mengajar dengan lebih efektif dibandingkan dengan yang lain. Sebenarnya, di seluruh negara ini ada guru-guru yang sedang membantu siswa mereka melakukan pencapaian luar biasa. Jika rata-rata guru saat ini dapat menjadi sehebat guru-guru itu, para siswa kita akan menggebrak dunia. Jadi kita memerlukan sistem yang membantu para guru untuk menjadi yang terbaik.

Seperti apa sistem itu nanti? Untuk mengetahuinya, yayasan kami telah bekerja bersama 3.000 orang guru di seluruh kawasan negara ini melalui proyek yang disebut Pengukuran Efektivitas Mengajar. Para pengamat menonton video guru-guru yang sedang mengajar dan menilai bagaimana guru itu mengajar. Contohnya, apakah mereka memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sulit kepada para siswa mereka? Apakah mereka menjelaskan satu konsep dengan berbagai cara? Ada juga para siswa yang mengisi survey dengan pertanyaan seperti "Apakah gurumu tahu kalau murid-muridnya memahami apa yang diajarkan?" "Apakah kamu belajar untuk memperbaiki kesalahanmu?"

Dan yang kami temukan sangat menarik.
Pertama, para guru yang bekerja dengan baik selama pengamatan memiliki siswa yang jauh lebih baik. Jadi kami tahu pertanyaan-pertanyaan kami sudah benar.
Kedua, para guru dalam program ini mengatakan bahwa video dan survey dari para siswa ini merupakan alat diagnosis yang sangat berguna karena mereka dengan sangat spesifik menunjukkan sisi-sisi yang dapat mereka perbaiki untuk memperbaiki diri. Saya ingin menunjukkan seperti apa video dari MET yang sedang dijalankan.

Sarah Brown Wessling: Selamat pagi, semuanya. Mari kita bicara tentang apa yang terjadi hari ini. Hari ini kita akan melakukan peer review (meninjau pelajaran bersama teman), oke? Dan tujuan kita adalah setelah kelas ini selesai kalian dapat menentukan apakah Anda memiliki cukup argumen dalam esai kalian.

Nama saya Sarah Brown Wessling. Saya seorang guru Bahasa Inggris di SMA Johnston di Johnston, Iowa.
Lihatlah orang di sebelahmu. Beritahu mereka mengenai apa yang menurutmu saya maksud mengenai argumen.
Saya rasa ada perbedaan di antara para guru mengenai konsep vs kenyataan akan cara kami memandang metode pengajaran kami.
Baiklah, tolong bawa essay kalian.

Saya rasa video ini menunjukkan kenyataan sampai batas tertentu. Anda tidak benar-benar dapat membantah apa yang Anda lihat dalam video dan saat anda melihat video ini, ada banyak hal yang dapat dipelajari, dan ada banyak cara untuk mengembangkan profesi kami. Saya hanya memerlukan kamera dan tripod kecil dan berinvestasi melalui lensa kecil ini. Di awal kelas, saya hanya perlu memasangnya di belakang ruang kelas. Kamera ini tidaklah sempurna. Kamera ini tidak merekam setiap detail yang terjadi. Namun saya dapat mendengar dan melihat. Dan saya dapat banyak belajar dari hal itu. Jadi sebenanrya ini adalah alat yang sederhana namun sangat berguna untuk mengoreksi diri.

Baiklah, mari kita lihat dulu video yang lebih panjang.
Setelah saya selesai merekam, saya memasukkannya ke dalam komputer lalu memindainya dan melihatnya. Jika saya tidak menuliskannya, saya tidak akan ingat.

Jadi membuat catatan adalah bagian dari proses berpikir saya, dan saya menemukan apa yang saya lihat saat menulis. Saya benar-benar menggunakannya untuk memperbaiki dan mengintrospeksi diri untuk memperbaiki strategi mengajar, metodologi mengajar, dan pengelolaan ruang kelas saya, bersama seluruh sisi yang berbeda dari ruang kelas saya.

Saya lega kami melakukan proses ini sebelumnya sehingga kita dapat membandingkan, apa yang berhasil dan yang tidak.
Saya rasa video itu menunjukkan banyak hal yang penting untuk kami sebagai pengajar, Dengan ini kita dapat belajar dan mengerti dan komunitas para pengajar pun dapat mengerti ada apa sebenarnya di dalam pekerjaan yang rumit ini. Menurut saya ini adalah cara untuk memberi contoh dan menggambarkan hal-hal yang tidak dapat disampaikan dalam perencanaan mengajar kami, hal-hal yang tidak dapat disampaikan dengan cara biasa, hal-hal yang terkadang bahkan tidak dapat disampaikan dalam buku pedagogi.
Baiklah, semoga akhir pekan Anda menyenangkan. Sampai jumpa.

Bill Gates: Suatu hari, kami ingin semua kelas di Amerika terlihat seperti itu. Namun masih ada yang harus kami lakukan. Mendiagnosis dimana seorang guru dapat memperbaiki diri hanyalah setengah dari pertempuran. Kita juga harus memperlengkapi mereka agar mereka dapat menindaklanjuti diagnosis itu. Jika Anda perlu memperbaiki cara Anda mengajarkan pembagian, Anda harus melihat video pengajar pembagian yang paling hebat.

Jadi membangun saran bagi para guru yang utuh dan memperbaiki sistem tidaklah mudah. Contohnya, saya tahu beberapa guru tidak langsung menerima gagasan untuk memasang kamera di dalam kelas dengan senang hati. Itu bisa dimengerti, namun pengalaman kami dengan MET menunjukkan jika mereka dapat melalui proses ini, jika mereka mengumpulkan video mereka sendiri di kelas dan mereka memilih pelajaran mana yang ingin mereka kumpulkan, banyak dari mereka akan tertarik untuk berpartisipasi.

Membangun sistem ini juga memerlukan modal yang cukup besar. Yayasan kami memperkirakan hal ini akan memakan biaya sampai 5 miliar dolar. Itu jumlah yang besar, namun dilihat dari garis besarnya, jumlah ini kurang dari 2 persen dari apa yang kita habiskan setiap tahun untuk menggaji para guru.

Dampak bagi para guru akan sangat luar biasa. Akhirnya kita memiliki cara untuk memberikan umpan balik dan juga cara menindaklanjutinya.
Namun sistem ini akan memiliki manfaat yang lebih penting lagi bagi negara kita. Sistem ini akan dapat memastikan bahwa para siswa kita mendapat pendidikan yang bagus, menemukan pekerjaan yang memuaskan dan bermanfaat dan mendapat kesempatan untuk mewujudkan mimpi mereka. Negara kita tidak hanya akan menjadi lebih sukses, tapi juga menjadi lebih jujur dan adil.

Saya sangat senang memiliki kesempatan untuk memberikan dukungan yang mereka perlukan dan layak mereka dapatkan. Saya harap Anda juga demikian.
Terima kasih. (Bill Gates) (dmathholic)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »