Contoh
soal Seleksi Guru
Berprestasi 2013 dan penyelesaian
May 22, 2013
CONTOH SOAL TES GURU BERPRESTASI
1. Berdasarkan Rencana
Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat
memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan
teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan
ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali …..
a. ICT
Sebagai Substansi Pendidikan
b. Alat
Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan
c. Standar
Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan
d. Alat
Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan
e.
Pengembangan bakat dan daya kreatifitas siswa E
2.
Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk
berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun
meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima
surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran
berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini,
pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan
menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan….
a.
Teleconverence
c. Website
e. Browsing
b. Email
d. Chatting
3. Kegiatan guru dalam:
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar
dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi
antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan…………..
a.
Elaborasi
c. Konfirmasi
e. Contextual teaching learning
b. Eksplorasi
d. Browsing
4. Salah satu contoh kegiatan guru
dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu
……..
a.
Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b.
Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
c.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber.
d.
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar
yang telah dilakukan.
e.
Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar.
5. Berkomunikasi secara efektif,
empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi
pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut
….
a. memberikan
pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon;
2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3.respons peserta didik untuk
merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
b. reaksi guru
terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3.
memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
c. memberikan
pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2.
respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta
didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d. memberikan
pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2.
respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta
didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
e. 1. penyiapan
kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai
undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta didik untuk
merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
6. Dalam kaitannya dengan
upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung
efektif, maka guru perlu mengacu pada….
a. Metode
pembelajaran
c. Strategi pembelajaran e. Kemampuan
belajar
b. Pendekatan
pembelajaran d. Gaya
pembelajaran
7. Standar ketuntasan minimal
belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini ….
a. Intake Siswa
c. Sarana pendukung d.
Bakat dan Minat siswa
b. Tingkat
kesulitan e.
Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
8. Jenis-jenis pembelajaran
dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep,
prinsip, prosedur,
sikap
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
b.
fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
e. konsep,
definisi, aksioma, prosedur,
c. fakta, konsep,
prinsip, definisi,
prosedur
fungsi
9. Untuk memudahkan penetapan
materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a. kompetensi
dasar
c. indikator
e. sumber belajar
b. standar
kompetensi
d. metode pembelajaran
10. Dibawah ini merupakan
pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi
dasar :
1. potensi peserta
didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2. tingkat
perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan
bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan
materi pembelajaran
4. kemampuan guru
dan ketersediaan referensi
5. relevansi
dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang
tersedia Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus
memperhatikan antara 2.3. lain nomor….
a. 1, 2, 3,
4 b. 2, 3,
5, 6 c. 1, 2, 3,
5 d. 1, 2, 4,
5 e. 3, 4, 5, 6
11. Upaya guru dalam memanfaatkan
hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai
berikut……..
a. menentukan
kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi
siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari
letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan
pengajaran remidi
e. mengadakan tes
remidi
12. Upaya merancang pengayaan bagi peserta
didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru
sebagai berikut:
a. memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b. memberikan tes
tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c. memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya
yang memiliki kesulitan tinggi
e. memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
13. Dalam melakukan evaluasi proses
dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a. Semua indikator
ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan
program perbaikan dan pengayaan
b. Melaksanakan
program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator
ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c. Analisa hasil
penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator
ditagih dengan berbagai teknik penilaian
d. Melaksanakan
hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
e. Semua
indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil
penilaian
14. Pada setiap akhir kegiatan
pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini
dilaksanakan untuk….
a.
mengukur ketuntasan peserta didik
b.
mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. mengukur
hal-hal yang belum dipahami peserta didik
d.
menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
e.
mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran
15. Penilaian diatur dalam
permendiknas RI Nomor …………..
a.
Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b.
Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
c.
Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
d.
Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e.
Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
16. Untuk menghindari penilaian yang
subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta
didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
a.
soal pilihan ganda
c. soal uraian objektif e.
tes performance
b.
soal jawaban
singkat
d. kriteria
17. Penilaian portofolio dapat
dilaksanakan dengan cara….
a.
memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik
b.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir
semester tiap peserta didik
c.
mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan
masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti
hasil belajar
d.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk
melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian
diberikan pembelajaran dan tes remidi
e.
mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil
ulangan tiap peserta didik
18. Dalam mengembangkan
instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus
memperhatikan….
a.
substansi, konstruksi, bahasa
d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
b.
substansi, konstruksi, validitas, skor e.
substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
c.
substansi, bahasa konstruksi, skor
19. Di bawah ini yang merupakan ciri
dari penilaian kelas adalah….
a.
Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan
soal, perakitan soal, analisis soal
b.
Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan
soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
c.
Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma,
menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
d.
Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria,
menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
e. Tes
tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, tugas proyek, portofolio
20. Pernyatan-pernyatan di
bawah ini yang betul adalah….
a.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian
kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses
pembelajaran
b.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan,
ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
c.
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai
pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa
memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
d.
Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan
dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
e.
Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok IPTEK, agama dan akhlak
mulia, kewarganegaraan dan kepribadian
21. Untuk memperoleh penilaian hasil
belajar yang baik meliputi aspek…
a.
kepribadian, kognitif,
afektif
d. kognitif, psikomotor, afektif
b.
kognitif, kepribadian,
psikomotor
e. psikomotor, kognitif, minat
c.
afektif, kognitif, mental
22. Upaya guru dalam
memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang
telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….
a.
guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
b.
guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat
pembelajaran berlangsung
c.
guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi
siswa dalam belajar
d.
guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
23. Penilaian proses secara
berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..
a.
memberikan penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa
dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b.
memberikan pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses
pembelajaran
c.
mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
d.
mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
e.
mengadakan ulangan tengah semester dan akhir semester
24. Penilaian merupakan salah satu
proses penting dalam penilaian. Prinsip-prinsip penilaian yang harus dipedomani
adalah penilaian harus dilaksanakan secara….
a.
sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan,
objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel
b.
terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan efektif, menyeluruh,
terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma
c.
sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, objektif dan efisien, berkesinambungan,
terpadu, menyeluruh
d.
terbuka, adil, bermakna, menyeluruh, objektif, efektif dan efisien, terpadu,
berkesinambungan, adil
e.
sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan,
terpadu, sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel
26. Sebelum merumuskan tujuan
pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :
a.
Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
b.
Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
c.
Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang
terdapat dalam silabus.
d.
Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
e.
Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus
yang telah disusun)
27. Dalam merumuskan tujuan
pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :
a. Alokasi waktu
yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
b.
SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah
disusun)
c. Alat/bahan/
sumber belajar yang digunakan
d. Kriteria
penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
e. Identifikasi
materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus
28. Sejumlah kemampuan yang harus
dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk
menyusun indikator kompetensi adalah :
a.
Standar Kompetensi c. Kompetensi
Dasar Mata Pelajaran
d. Kompetensi
b.
Kompetensi Dasar
e. Standar Kompetensi Lulusan
29. Kualifikasi kemampuan minimal
peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester
untuk mata pelajaran tertentu adalah :
a. Standar
Kompetensi
d. Kompetensi
b.
Kompetensi Dasar
e. Standar Kompetensi Lulusan
c. Standar
Kompetensi Mata Pelajaran
30. Dalam mengembangkan
penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini, KECUALI ..
a.
Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga
penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran
b.
Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan kehidpan
nyata
c.
Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai
cermin diri
d.
Melakukan berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk
menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar
e.
Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD
31. Menerapkan suatu prinsip
(applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi
(evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan
kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan
pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja
Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a.
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b.
Memproses (processing)
c.
Menerapkan dan Mengevaluasi
d.
Perilaku yang Kreatif
e.
Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan
/keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
32. Dalam mengembangkan indikator
hendaknya :
a.
Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan
materi
b.
Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata
pelajaran;
c.
Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.
d.
Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan,
potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur
dan/atau dapat diobservasi
e.
Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan
pembelajaran
33. Mengsintesisikan
(synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan
(organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make
analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional
Sesuai dengan Tingkat Berpikir….
a.
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b.
Memproses (processing):
c.
Menerapkan dan Mengevaluasi
d.
Perilaku yang Kreatif
e.
Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan
/keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
34. Dalam menentukan materi pokok
(lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :
a.
Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi
dan kompetensi dasar.
b.
Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik
pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam
kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan
sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
c.
Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.
d.
Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar
kompetensi.
e.
Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber belajar lainnya.
35. Dalam mengidentifikasi materi
pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar
hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI
a.
Potensi peserta didik;
b.
Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual
peserta didik ;
c.
Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
d.
Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;
e.
Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, khususnya
dunia kerja;
36. Kurikulum dikembangkan
berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk
mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan
dengan kebutuhan
kehidupan e.
Berpusat pada potensi, perkembangan,
c.
Menyeluruh dan
berkesinambungan
kebutuhan, dan kepentingan peserta
d.
Beragam dan
terpadu
didik dan lingkungannya
37. Pengembangan kurikulum dilakukan
dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi
pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan
kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut
diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
a.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b.
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c.
Menyeluruh dan berkesinambungan
d.
Beragam dan terpadu
e.
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik
dan lingkungannya
38. Dalam menentukan tujuan khusus
pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini, KECUALI
a.
Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar
kompetensi/kompetensi dasar.
b.
Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan
dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran(
learner oriented).
c.
Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun
afektif.
d.
Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang
operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and
measurable).
e.
Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam
rangka mencapai tujuan pembelajaran.
39. Merumuskan tujuan pembelajaran
dilakukan..
a.
Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada
silabus yang telah disusun
b.
Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran
yang terdapat dalam silabus.
c.
Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
d.
Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan
awal, inti, dan akhir.
e.
Setelah menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
40. Dalam menentukan rencana
implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut, KECUALI
………..
a.
Tentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang
memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.
Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa
untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang
harus dikuasai (student centered learning).
c.
Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran
kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan masalah, pembelajaran
individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
d.
Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam
rangka mencapai tujuan pembelajaran.
e.
Tentukan rencana kegiatan yang perlu dilakukan guru (menyiapkan, memotivasi dan
menarik perhatian siswa, manyajikan materi pelajaran baik secara suksesif
maupun simultan menggunakan berbagai media dan metode dengan menerapkan prinsip
perulangan, menugasi, memberikan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan
tindak lanjut (remedial dan pengayaan).
41. Guru profesional dituntut
memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal.
Hal ini merupakan implementasi dari:
a.
Kompetensi Kepribadian
c.Kompetensi Pardagogik e.Kompetensi Akademik
b.
Kompetensi Profesinal
d.
Kompetensi Sosial
42. Salah satu kegiatan guru untuk
mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah …..
a.
Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.
C. Melakukan kegiatan pre test
b.
Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.
D. Melakukan post test.
e. Melakukan
ulangan harian dadakan atau spontanitas.
43. Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut :
1. Hindari saran
dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.
2. Ciptakan
situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.
3. Jatuhkan
hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang
melanggar.
4. Berikan
penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas
yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang memiliki
motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan :
a.
1 dan 2
c. 2 dan 3
e. 1 dan 4
b. 1 dan 3
d. 3 dan 4
44. Pada setiap awal tahun pelajaran
setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD
harus memperhatikan Intake Siswa. Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama
untuk menentukan Intake siswa adalah …….
a. Data hasil
seleksi Penerimaan Siswa Baru.
b. Nilai rapor kelas
sebelumnya.
c. Tes seleksi
masuk atau hasil tes psikologis.
d. Nilai ujian
Nasional bagi jenjang SMP.
e.
Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua
45. Pak Dedi menemukan kasus
kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar
yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan
belajar tersebut adalah….
a.
Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya
secara rasional.
b.
Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar
c.
Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
d.
Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh
sukses dalam belajar.
e.
Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.
46. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Faktor –faktor
situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
- Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah
- Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
- Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan di atas yang merupakan
faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah
pernyataan….
a. 1 dan 2
c. 2 dan 3
e. 4 dan 2
b. 1 dan 3
d. 3 dan 4
47. Agar peserta didik dapat
mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi
pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus
memiliki fungsi ….
a.
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
b.
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi
c.
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
d.
Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.
e.
Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.
48.Agar potensi peserta didik dapat
berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat
difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler. Dalam
KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling
meliputi 4 hal ialah :
a.
Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.
b.
Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.
c.
Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar
d.
Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.
e.
Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.
49.Pembelajaran bermakna memerlukan
usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan
konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk
mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .
a.
siklus belajar
c. pembelajaran konsep e. pemrosesan informasi
b.
peta konsep
d. struktur kognitif
50. Manakah diantara pernyataan
berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis dalam mengajar?
a.
Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.
b.
Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.
c.
Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.
d.
Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu*.
e.
Menjelaskan suatu konsep secara detail.