Contoh soal Seleksi Guru Berprestasi 2013 dan penyelesaian (3)
101. Seorang guru mampu Mampu
merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan
a.
Kompetensi Pedagogik c.
Kompetensi Professional e.Kompetensi
Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
102. Seorang guru mampu Mampu
melaksanakan pembelajaran
a.
Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi Professional
e. Kompetensi Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
103. Seorang guru mampu Mampu
merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
a.
Kompetensi Pedagogik c.
Kompetensi Professional e. Kompetensi
Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
104. Seorang guru mampu
Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
a.
Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi Professional
e. Kompetensi Kewirausahaan
b. Kompetensi
Kepribadian d. Kompetensi Sosial
105. Seorang guru mampu Menguasai
substansi keilmuan yang terkait bidang studi
a.
Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi
Professional e. Kompetensi Supervisi
b.
Kompetensi
Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
106. Seorang guru mampu Menguasai
struktur dan metode keilmuan
a.
Kompetensi Pedagogik c. Kompetensi Professional
e. Kompetensi Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
107. Seorang guru mampu Memiliki
akhlak mulia dan menjadi teladan
a.
Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi
Professional e. Kompetensi Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
108. Seorang guru mampu Memiliki
kepribadian yang arif
a.
Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi
Professional e. Kompetensi Manajeria
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
109. Seorang guru mampu Mampu
berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik
a.
Kompetensi
Pedagogik c.
Kompetensi Professional e. Kompetensi Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
110. Seorang guru mampu
berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya,
termasuk……..
a.
Kompetensi Pedagogik c. Kompetensi
Professional e. Kompetensi Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
112. Manfaat Penetian Tindakan Kelas
(PTK) adalah : meningkatkan proses belajar mengajar,
menggunakan rancangan yang bersifat
siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan
mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali …….
a. meningkatkan proses belajar
mengajar
c.
mencakup proses refleksi
b. menggunakan rancangan yang
bersifat siklus d. menggunakan metodelogi terbaru
113. Prinsip yang paling penting
dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah …….
a.
komitmen guru sebagai pengajar tidak terganggu c. penggumpulan data sederhana
b. metodologi tepat
d. laporan sederhana
114. Penelitihan Tindakan Kelas
(PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu …….
a.
perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
b.
perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
c.
perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
d.
evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
115. Penelitian Tindakan kelas (PTK)
mempunyai karakteristik sebagai berikut, kecuali …
a.
didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh guru c. bertujuan
memperbaiki
b.
kolaborasi dalam pelaksanaannya
d. dilaksanakan dalam satu siklus
116. Dalam penetian tindakan kelas,
metode pengumpulan data diharapkan ……
a.
reliabel dan tidak mengganggu proses pembelajaran
b.
menggunaka
c.
sederhana
117. Di bawah ini adalah
kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan tindakan, kecuali …..
a.
menganalisa masalah
c. mempersiapkan instrumen
b.
mempersiapkan fasilitas
d. mempersiapkan skenario
118. Di bawah ini merupakan kegiatan
yang dilakukan dalam penetapan fokus masalah, kecuali
a.
merasakan masalah
c. perumusan masalah
b.
analisis masalah
d. penerapan fokus
119. Langkah-langkah Penetian
Tindakan Kelas (PTK) secara berurutan meliputi ……..
a.
penetapan fokus masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan
interpretasi dan refleksi.
b.
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan intrepretasi dan
refleksi
c.
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi
d.
pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
120. Hal yang terpenting pada setiap
siklus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah
a.
dimonitor, dicatat hasil akhirnya c. direfleksi dan
diamati kembali
b.
dievaluasi dan dianalisis
d. diamati dan diperbaiki
121. Dikaitkan dengan tanggungjawab
guru terhadap pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat membantu guru
untuk …….
a.
mengatasi masalah siswa
c. berkembang secara profesional
b.
memperbaiki pembelajaran
d. berkolaborasi dengan guru lain
122. Ibu Siti terbiasa menganalisis
pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang ditemukan siswa dalam
pelajaran bahasa indonesia. Dari hasil analisis tersebut, Ibu Siti juga mencoba
menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar. Jika anda menemuan
kelemahan, segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut.
Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Siti tersebut dapat dikatagorikan sebagai
langkah awal dalam ………
a.
perkembangan profesional
c. memperbaiki pembelajaran
b.
melakukan PTK
d. menerapkan manfaat PTK
123. Berikut ini adalah manfaat
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru, kecuali ………
a.
membantu guru memperbaiki pembelajaran
d. menambah rasa
percaya diri
b.
memungkinkan guru berkembang secara profesional
c.
memungkinkan guru mengembangkan karir
124. Sekolah yang maju embawa dampak
bagi kemajuan para guru. Demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu, jika di
suatu sekolah para guru terlatih melakukan Penelitian Tindakan Kelas(PTK),
sekolah akan berpotensi untuk ……..
a.
meraih popularitas
c. menerbitkan karya-karya penelitian
b.
menghasilkan siswa teladan
d. menghasilkan berbagai teknik pembelajaran
125. Ibu Ita, seorang guru IPS
berpenampilan sangat energik, Ia sedang melakukan Penetian Tindakan Kelas
(PTK). Hampir setiap hari dia sibuk untuk menganalisis hasil pekerjaan siswanya
dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja lebih
giat. Para siswa ternyata sangat antusias terhadap usaha Ibu Ita. Karena para
siswa merasa pekerjaannya diperiksa dengan cermat, siswapun membuat
pekerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia selalu harus bekerja
cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan cermat pula. Ilustrasi
di atas menggambarkan manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi siswa, dalam
hal ini
a.
Perilaku guru yang melaksanakan PTK menjadi model bagi siswa
b.
Guru Mendorong siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
c.
Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
d.
Siswa dapat memperbaiki proses dan hasil belajarnya
126. Guru yang tampil melaksanakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan merasa lebih percaya diri. Hal itu
disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali ……
a.
Munculnya perasaan lebih mampu dibandingkan teman sejawat yang lain
b.
Berkembangnya kemampuan guru dalam pembelajaran
c.
Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran yang dikelola
d.
Munculnya perasaan mampu Memecahkan masalah sendiri
127. Keterbatasan Penetian Tindakan
Kelas (PTK) terutama terletak pada …….
a.
metodologi
c. instrumen yang digunakan
b.
validitas
d. reliabilitas hasil yang dicapai
128. Hasil Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) tidak mempunyai daya generalisasi karena …..
a.
sampel terbatas pada kelas yang diajar c. metodologi sangat longgar
b. masalah
yang diteliti sangat spesifik d. PTK dilakukan oleg guru,
bukan oleh peneliti
129. Agar Penetian Tindakan Kelas
(PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai kondisi atau
persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut , kecuali ……….
a.
adanya kebebasan bagi para guru untuk berinovasi
b.
birokrasi yang ketat
c.
dukungan dari semua personil sekolah
d. ada
rasa saling mempercayai antara personil sekolah termasuk siswa
130. Kemauan guru untuk melaksanakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah didukung oleh iklim sekolah yang
memberi kebebasan kepada guru untuk ……
a.
Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta bantuan
b.
Melakukan perubahan jadwal pelajaran
c.
Menetapkan masalah bagi kelasnya
d.
Meminta siswa mengikuti perintahnya
131. Penetian Tindakan Kelas
merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh ……..
a.
Guru
c. guru sebagai peneliti
b.
peneliti d.
guru bersama dosen
132. Tujuan penelitian Tindakan
Kelas adalah untuk ……
a.
mengungkapkan kebenaran
c.
memperbaiki kinerja guru
b.
menjawab masalah guru
d. mengumpulkan informasi
133. Metode utama dalam penelitian
tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya metode yang
digunakan …….
a.
bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
b.
longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
c.
hasil observasi/kesan dari guru
d.
bervariasi asal sesuai dengan kaidah penelitian.
134. Dalam Penelitian tindakan
kelas, masalah yang diteliti berasal dari ……
a.
keriasauan guru akan kinerjanya
c. keinginan untuk membantu guru
b.
keriasauan pendidik akan mutu pendidikan d. kepedulian
peneliti akan kinerja guru
135. Penelitian tindakan kelas
berbeda dengan penelitian kelas dalam hal …………
a.
pelaku penelitian
c. tempat penelitian
b.
tujuan penelitian
d. asal masalah yang diteliti
136. Penelitian tidakan kelas
seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali …
a.
PTK memang untuk guru
b.
guru paling akrap dengan suasana kelas
c.
masalah di kelas mungkin asing bagi para peneliti
d.
guru bertanggungjawab memperbaiki kinerjanya.
137. Seorang Dosen Perguruan Tinggi
membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk mencari jalan keluar kesulitan yang
dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan.
Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta kebiasaannya menyimpan PR tersebut di
rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan Tinggi mendengar
cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang cara mengatasinya, dan
akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara tersebut dan memantau
hasilnya. Sejak itu hampir setiap minggu mereka bertemu kembali untuk mengkaji
hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan Ibu Tini
merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena ……..
a. Ibu
Tini bekerjasama dengan Dosen Perguruan Tinggi
b.
masalah penelitian muncul dari kerisauan guru
c.
terjadi pertemuan setiap minggu
d.
dosen Perguruan Tunggi membantu guru memecahkan masalahnya
138. Guru dianggap lebih sesuai
melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali
a.
dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
b.
kelas merupakan wilayah guru
c.
hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
d.
temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh guru
139. Dilihat dari segi tujuan
penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai ……..
a.
Peneliti dari dalam
c. Subjek penelitian
b.
Praktisi yang membangun teori
d. Pengajar dan peneliti
140. Sebagai pekerja profesional,
guru dianggap paling layak melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) karena ………
a.
PTK membantu guru berkembang secara profesional
b.
guru paling akrab dengan siswa
c.
kelas memang merupakan wilayah guru
d. PTK
merupakan bagian dari tugas profesional guru
141. Empat langkah pokok dalam PTK
dengan urutan yang paling benar adalah ……..
a.
merencanakan, melaksanakan tindakan, refleksi, analisis data
b.
refleksi, analisis data, merencanakan, melaksanakan tindakan
c.
merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, refleksi
d.
refleksi, merencanakan, melaksanakan tindakan, analisis data
142. Untuk mengidentifikasi masalah,
guru perlu melakukan kajian terhadap pembelajaran yang dikelolanya. Kajian
tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang
tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ……..
a. apa
yang terjadi dikelas saya
b.
berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
c.
dengan siapa saya harus mendiskusikan Masalah ini
d. apa
dampaknya jika siswa yang berpretasi rendah saya biarkan saja
143. Masalah yang diidentifikasi
kadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru menentukan pilihan. Hal-hal yang
harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu ditangani adalah sebagai
berikut, kecuali …………
a.
tingkat keseriusan masalah
c. ada tidaknya mitra kolaborasi
b.
kemampuan guru untuk menangani d. kompleks tidaknya masalah
tersebut
144. Setelah menentapkan dan
menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan cara melakukan perbaikan atau
mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah, guru dapat
melakukan hal-hal berikut, kecuali …………….
a.
mengkaji teori yang relevan dengan masalah
b.
menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
c.
berdiskusi dengan teman sejawat
d.
mengingatkan kembali pengalaman yang terkait dengan maslah tersebut
145. Cara pemecahan yag dipilih
haruslah sesuai dengan ………..
a.
kondisi lingkungan
sekolah
c. waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
b.
jumlah siswa dalam elas
d. sarana dan fasilitas yang tersedia
146. Sebelum melaksanakan tindakan,
guru harus menyiapkan hal-hal berikut, kecuali ….
a.
daftar hadir
c. sarana dan fasilitas pendukung
b.
skenario
tindakan
d. cara menganalisis data
147. Jika sebelum melakukan tindakan
guru tidak menentukan cara mengumpulkan data, dalam pelaksanaan tindakan
kemungkinan besar akan terjadi hal-hal berikut, kecuali ………
a.
data yang dikumpulkan akan mubasir
c. guru yang bingung
menafsirkan data
b.
data yang diperlukan tidak terjaring
d.
guru tidak memerlukan data
148. Ibu ida seorang guru SMK sedang
asyik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi
Biologi yang penuh dengan istilah latin kepada siswa.Dia merasa siswa sangat
sukar menghafal istilah asing tersebut. Ia meminta pendapat teman-temannya,
bagaimana cara mengajar materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat
dari langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ……
a.
identifikasi masalah
c. merumuskan masalah
b.
analisis masalah
d. merencanakan perbaikan
149. Dalam melaksanakan tindakan,
guru harus memperhatikan beberapa kriteria di antaranya …….
a.
guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai pengajar
b.
penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
c.
guru harus memperhatikan kemampuan siswa
d.
perhatian guru harus terfokus pada masalah yang ingin dipecahkan
150. Bapak Sutarji mengajar kelas 10
SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra dengan seorang guru, teman sejawatnya
dalam memperbaiki cara merespons terhadap siswa di kelas. Ia sudah merancang
berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa yang bai serta beberapa respons
untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang tepat. Ia meminta rekan sejawatnya
untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi siswa ketika guru merespons
jawabannya. Jenis reaksi yang perlu direkam serta cara merekamnya sudah
disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari kriteria pelaksanaan tindakan,
kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
a.
guru harus memperhatikan etika yang terkait dengan tugasnya
b.
metodologi yang diterapkan harus reliabel
c.
pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
d.
masalah yang ditangani harus sesuai dengan komitmen guru