Contoh soal Seleksi Guru Berprestasi 2013
dan penyelesaian
(2)
51. Pembelajaran kontekstual
dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena
karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
a.
membangkitkan minat siswa
b.
merangsang siswa lebih aktif belajar
c.
memberi kesempatan siswa berkreasi
d.
membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
e.
menantang siswa untuk selalu belajar
52. Indikator dalam RPP dikembangkan
berdasarkan . . .
a.
standar kompetensi.
C. materi pembelajaran. E. metode pembelajaran.
b.
kompetensi dasar
d. strategi pembelajaran.
53. Bagaimana pendapat saudara bila
menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk
pembelajaran bahasa?
a.
Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.
b.
Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan.
c.
Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.
d.
Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam
pembelajaran
e.
Sangat tidak setuju karena dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti
pembalajaran.
54. KTI hasil penelitian tindakan
kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai kegiatan pengembangan profesi guru,
hal ini karena…………, KECUALI ……………..
a.
Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi, adalah
dilakukannya kegiatan nyata di kelasnya. Dan ditujukan untuk meningkatkan mutu
proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru, melakukan kegiatan
seperti itu, sudah biasa dilakukan
b.
Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah,
karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.
c.
Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan penelitian tindakan di dalam kelas yang
diyakini makin layak untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan
“menguji atau menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.
d.
Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama dalam praktik pembelajaran
(misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan
KBK) memerlukan verifikasi maupun penerapan dalam proses pembelajaran.
e.
Sebagian besar guru yang telah mencapai golongan IV/a ke atas
55. Standar Nasional Pendidikan
Republik Indonesia terdapat dalam …….
a.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 d.
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
b.
Permendikan Nomor 22 Tahun 2006
e.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun
c.
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
2005
56. Pandangan belajar sebagai
perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan pandangan belajar yang
dipergunakan oleh teori belajar
a.
Behaviorisme
c. Behavionisme dan Cognitivisme
b.
Cognitivisme
d. Semua benar
57. Seorang guru merancang peralatan
isi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk
memudahkan belajar siswa keputusan guru tersebut menerapkan teori :
a.
Behaviorsme
c. Behavionisme dan dognitivisme
b.
Dognitivisme
d.
Konstruktivisme
58. Pengetahuan adalah subyektif dan
dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini
disampaikan oleh
a.
Behavioris
c. Kognitivis Behavior
b. Kognitivis
d. Konstruktivisme
59. Mengapa peranan guru begitu
penting dalam pembelajaran
a.
Perilaku guru sebagai panutan digugu dan ditiru
b.
Guru sebagai sumber ilmu
c.
Keputusan tindakan memerlukan jenis dan kreativitas belajar siswa
d.
Tanpa guru proses belajar siswa terganggu
60. Pemahaman teori belajar penting
untuk dipakai
a.
Menambah wawasan modul pembelajaran
b.
Sebagai bahan penunjang pembelajaran
c.
Dasar pengembangan model pembelajaran
d.
Sebagai acuan untuk memilih media
61. Learning dalam behaviorisme
menekankan adanya :
a.
Perubahan perilaku
c. Pemaknaan informasi baru
b.
Interaksi terus-menerus
d. Perubahan pengetahuan
62. Menurut konstruktivisme,
pengetahuan tentang :
a.
Hasil dari interaksi dan paradigma Stimulus – Respons
b.
Hasil konstruksi yang dibangun sendiri oleh pembelajar
c.
Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah
d.
Hasil temuan mata aturan yang menjadi sumbernya
63. Praktek proses sangat cocok
untuk matpel
a.
Ketrampilan
c. Sastra
b.
Sains
d. Ilmu sosial
64. Tidak termasuk dalam ranah
kompetensi kepribadian seorang guru adalah bicara santun namun efektif..
a.
Kepada murid dan sejawat
c. Dalam rapat guru maupun di kelas
b.
Kepada KS maupun orang
lain d.
Komunikasi dalam penelitian
65. Tidak termasuk dalam komponen
mengajar seorang guru, adalah kemampuan …
a.
Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
b.
Menggunakan/memanfaatkan media pembelajaran
c.
Berkomunikasi secara santun namun efektif dengan murid dan pengawas
d.
Menanamkan kebiasaan tidak boleh mencontoh saat ulangan
66. Seorang guru berencana membeli
dan membaca buku tentang asesment pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan
keinginan guru mengembangkan ciri:
a.
Kompetensi
pedagogic
c. Kompetensi kepribadian
b.
Kompetensi sosial
d. Kompetensi professional
67. Keinginan dan usaha untuk tidak
terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:
a.
Kompetensi sosial
c. Kompetensi profesional
b.
Kompetensi kepribadian
d. Kompetensi pedagogic
68. Dalam satu sekolah beberapa
orang guru sebidang bekerja dan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses
hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan
diri ranah:
a.
Kompetensi sosial dan pedagogic
b.
Kompetensi profesional dan pedagogic
c.
Kompetensi kepribadian dan profesional 12
d.
Kompetensi kepribadian dan social
69. Seorang guru menyusun RPP harus
dilandasi kesadaran bahwa :
a. RPP
merupakan bagian dari administrasi sekolah
b.
Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan
c. RPP
merupakan bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi
d.
Proses pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi
70. Seorang guru yang perokok membiasakan
diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan
di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan
diri dalam ranah tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
a.
Kompetensi profesional
c. Kompetensi sosial
b.
Kompetensi kepribadian
d. Kompetensi pedagogic
71. Paikem adalah pembelajaran yang
:
a.
Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan menyenangkan
b.
Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan
c.
Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
d.
Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
72. Expert group pada belajar
korperatif mendiskusikan
a.
Masalah tiap-tiap kelompok yang ada
b.
Masalah tiap-tiap kelompok beda dari tiap-tiap kelompok
c.
Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok
d.
Masalah dari tiap-tiap kelompok secara mendalam
73. Untuk mendorong dan membuat
siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi jawaban secara sukarela
guru dapat menerapkan
a.
Brain storming
c. Quickstioning
b.
Concept mapping
d. Role playing
74. Problem sOlving dan discovery
learning dapat meningkatkan kerampilan siswa dalam hal :
a.
Individual thinking
c. Critical thinking
b.
Direct thinking
d. Personal thinking Pemilihan
75. Pemilihan satu modul
pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan
a.
Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau pokok bahasan
b.
Teori yang dipahami guru
c.
Keinginan dan putusan bersama
d.
Tersedianya waktu dan dana yang ada
76. Prinsip Coorperatif Learning,
kecuali
a.
Kerja sama mencapai tujuan
c. Saling interaksi
b.
Kemampuan kerja individu
d. Saling tergantung tapi saling memberi
77. Memilih media, mempertimbangkan
a.
Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswa
b.
Kecanggihan media
c.
Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran
d.
Kelengkapan dan kualitas media
78. Guru menggunakan media dalam
mengajar karena
a.
Tuntutan kurikulum
c. Media membatu siswa agar lebih mudah memahami
b.
Anjuran KS
d. Keberadaan media mengurangi beban tugas guru
79. Penggunaan Media efektif bila
a.
Dapat membantu guru mempercepat materi
b.
Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermain
c.
Dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
d.
Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target
80. Keuntungan media di buat guru,
kecuali:
a.
Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar c. Sesuai
dengan tingkat karakteristik guru
b.
Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai d. Sesuai
dengan materi yang disajikan
81. Setelah membaca teks siswa
diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan tepat untuk itu
guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan kriteria …
a.
Kesesuaian
c. Ketersediaan
b.
Tingkat kesulitan d. Kualitas
teknis
82. Media yang kita gunakan di kelas
hndaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa termasuk tulisan guru harus bisa
dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria :
a.
Kesesuaian
c. ketersediaan
b.
tingkat kesulitan
d. kualitas teknis
83. Hasil kegiatan berikut yang
paling tepat diukur dengan non tes adalah :
a.
kemampuan siswa memahami materi
c. keaktifan siswa
menulis karangan
b.
keaktifan siswa belajar di kelas
d. ketrampilan siswa menulis paparan/cerita
84. Penilaian dengan portofolio
bertujuan untuk mengetahui perkembangan :
a. kemampuan
memahami
materi
c. kerajinan dan kreatifitas siswa
b.
siswa mengerjakan
tugas
d. hasil belajar siswa secara keseluruhan
85. Kegiatan belajar berikut yang
tepat dievaluasi tes kinerja..
a.
Berhitung
(matematika)
c. Melakukan percobaan
b.
Memecahkan
masalah
d. Membuat karya tulis
86. Untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru melakukan kegiatan berikut
1. Menganalisis
hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas
2. Memisahkan
siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian memilih metode
mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.
3. Melakukan
refleksi terhadap kelemahan metode yang digunakan dan memperbarui pada
pelajaran berikutnya
4. Menerapkan
metode mengajar bagi siswa yang menjalani remidi
Kegiatan yang dapat memperbaiki
kualitas pembelajaran guru di kelas adalah :
a.
1, 2, 3
c. 2 dan 4
b. 1
dan 2
d. 1, 2, 3 dan 4
87. Kegiatan pembelajaran yang dapat
memberikan kelanjutan kecakapan hidup ( life skill) bagi anak didik adalah
……………
a.
mempresentasikan hasil
diskusi
c. membuat model
b.
membuat karya tulis
d. kerjasama dengan kelompok.
88. Dalam mengembangkan alat evalusi
guru harus memperhatikan :
a.
kompetensi dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBM.
b.
kesesuaian dengan materi ajar, soal harus mengukur tingkat pemahaman siswa
terhadap materi yang diajarkan.
c.
Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa
mencapai standar ketuntasan belajar minimal (SKBM)
d.
Analisis hasil evaluasi tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata
dengan nilai ujian pada materi selanjutnya.
89. Pernyataan berikut yang benar
tentang assesment adalah :
a.
proses pengukuran tes untuk mengetahui tkt pemahaman siswa setelah mengikuti
pelajaran.
b.
proses pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang
mereka ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan.
c.
melakukan penilaian kemampuan siswa menerima pelajaran
d.
proses penilaian tkt kecerdasan siswa.
90. Tulisan karya ilmiah skripsi,
thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :
a.
disajikan dalam bentuk artikel atau makalah c. kajian ilmiah yang
ditulis dari hasil riset
b.
ditulis berdasarkan bukan hasil riset
d.
berupa kajian teoritis
91. Langkah-langkah PTK dapat dilakukan
sebagai berikut………………
a.
Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi
b.
Refleksi – Perencanaan – Observasi – Pelaksanaan
c.
Observasi – Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi
d.
Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi – RefleksI
92. Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI
yang APIK?
a. PTK
harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar telah dilakukan
oleh guru yang bersangkutan.
b. PTK
yang dilakukan benar-benar mempunyai manfaat.
c. PTK
harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
d. KTI
guru hendaknya berkaitan dengan matapelajarannya dan kegiatan yang dilakukan
untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar di kelasnya.
e.
Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
93. PTK bersifat kontektual untuk
perbaikan PBM kelas artinya…
a.
Nilai percakapan belum meningkat
b.
Terkait dengan permasalahan pada konteks sesungguhnya pada waktu melaksanakan
PBM dalam kelas
c.
Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM
di dalam kelas
d.
Terkait dengan permasalahan pada kontk sesungguhnya pada waktu di luar jam
pelajaran
94. Prosedur penilaian pemerolehan
belajar, proses kemajuan belajar dan kinerja siswa dengan berbagai alat dikenal
sebagai :
a.
Authentic material
c. Authentic assessment
b.
Authentic learning
d. Authentic data
95. Salah satu prinsip merancang
program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru….
a.
membuat rancangan pembelajaran khusus untuk peserta didik sebagai peserta
remedial
b.
menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil
temuan analisis evaluasi belajar peserta didik
c.
menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan
yang ada merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan
materi
d.
menggunakan rancangan pembelajaran berdasarkan bahan ajar belajar peserta didik
96. Standar nasional pendidikan yang
berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan
pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar
tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut …………………
a.
Standar Proses
d. Standar Pengelolaan;
b.
Standar Kompetensi
Lulusan
e. Standar Penilaian Pendidikan
c.
Standar Sarana Dan Prasarana
97. Penilaian pendidikan pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik
b.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan Dan
c.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
e.
Jawaban A, B dan C Benar
98. “Mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut adalah
……………….
a.
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
d. Sasaran pendidikan nasional
b.
Fungsi pendidikan nasional
e. Arah kebijakan pembangunan nasional
c.
Tujuan pendidikan nasional
99. Sedangkan standar nasional
pendidikan RI dituangkan dalam ……………….
a.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b.
Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
c.
Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
d.
Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005 16
e.
Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005
100. Memahami peserta didik secara
mendalam
a.
Kompetensi Pedagogik c.
Kompetensi Professional e.Kompetensi
Manajerial
b.
Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial