Sebelum Terlambat, Tunjukan Kasih lewat Sentuhan pada Mereka yang Anda Sayangi





Sebelum Terlambat, Tunjukan Kasih lewat Sentuhan pada Mereka yang Anda Sayangi
 

 Perlu Anda ketahui bahwa sentuhan merupakan indera yang tidak lekang oleh waktu. Saat muda dan tua, setiap manusia membutuhkan sentuhan dari orang-orang yang menyayangi mereka untuk sumber kekuatan menjalani kehidupan yang telah bergulir renta.
Seiring usia, umumnya indera penciuman jadi kurang tajam, indera perasa pun jadi kurang peka, indera penglihatan dan pendengaran relatif melemah sehingga Anda memerlukan alat-alat bantuan untuk hasil maksimal. Namun, kekuatan indera peraba tak akan mengalami degradasi fungsi. Sebaliknya, kebutuhan memperoleh sentuhan cenderung meningkat.
Seorang penulis buku bertajuk A Natural History of the Senses, Diane Ackerman, menyebutkan bahwa indera peraba memiliki fungsi dan kemampuan yang unik. Pasalnya, sentuhan memberikan pengaruh pada seluruh organisme.
“Sentuhan lima kali lebih kuat dari kata-kata dan kontak emosional. Sebenarnya, tak ada indera lain yang mudah dibangkitkan selain lewat sentuhan,” ujar Ackerman.
"Seorang ibu tak akan menyentuh anaknya, jika mereka merasa hal itu tidak membahagiakan hati mereka.Selanjutnya, jika kita tidak suka disentuh dan menyentuh, mungkin tidak akan ada seks," imbuhnya.
Hasil dari sebuah menelitian menguak fakta bahwa efek sentuhan dari pasangan yang saling mencintai mengandung kekuatan dua kali lipat dalam menghalau serta meredam stres. Sentuhan dan rasa nyaman yang tercipta relatif ampuh dalam mengingkatkan imunitas serta membuat tubuh terasa lebih kuat sepanjang waktu.
Sebab, seiring pertambahan usia, kebutuhan manusia untuk diperhatikan dan dicintai semakin meningkat dari waktu ke waktu.
Penulis
: Kontributor Female, Agustina
Editor
: Syafrina Syaaf
Sumber

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »