5 Langkah Mengelola Keuangan



5 Langkah Mengelola Keuangan
 
http://d.metrotvnews.com/delivery/lg.php?bannerid=3&campaignid=1&zoneid=29&loc=1&referer=http%3A%2F%2Fekonomi.metrotvnews.com%2Fread%2F2015%2F07%2F19%2F148760%2F5-langkah-mengelola-keuangan&cb=6baeab50d6


Mengelola keuangan menjadi hal penting bagi tiap orang, utamanya untuk mencapai kemapanan finansial. Namun demikian, masih banyak masyarakat di Indonesia yang bingung mengenai bagaimana mengelola keuangan yang baik.


Mengutip laman OJK, Minggu (19/7/2015), diungkapkan bahwa seseorang dapat menyusun perencanaan keuangan sendiri melalui lima langkah berikut ini, yakni pertama, mengevaluasi kondisi keuangan pada saat ini. Melakukan analisis dengan memperhatikan kondisi terkini, seperti status perkawinan, jumlah anggota keluarga, kondisi pekerjaan, usia, kondisi kesehatan, dan lain-lainnya.


Kedua, menyusun tujuan-tujuan keuangan. Disusun tujuan-tujuan yang ingin dicapai, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek, seperti memiliki tabungan di bank sebanyak 20 juta pada dua tahun ke depan, ingin memiliki rumah sendiri pada 10 tahun ke depan, memiliki mobil pribadi tiga tahun ke depan, dan menunaikan ibadah haji 15 tahun ke depan.


Ketiga, menyusun perencanaan keuangan dan alternatifnya untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan. Perencanaan keuangan dapat berupa kegiatan yang akan dilakukan dan bauran produk keuangan yang akan digunakan, dikaitkan dengan jangka waktu pencapaiannya.


Keempat, melaksanakan perencanaan keuangan yang sudah tersusun dengan disiplin. Kelima, me-review dan menyempurnakan rencana keuangan secara periodik untuk menyesuaikan kondisi keuangan terkini.


Perlu diketahui, kondisi keuangan seseorang bisa berubah. Misalnya seperti lahirnya anggota keluarga baru, mengalami sakit yang membutuhkan biaya besar, terganggunya sumber penghasilan keluarga, meningkatnya pendapatan secara signifikan, dan lain-lain.


Jika terjadi perubahan, maka proses perencanaan keuangan akan dilakukan lagi dimulai dari awal proses (mengevaluasi kondisi keuangan terkini) dan diteruskan dengan proses-proses berikutnya.



Metrotvnews.com, Jakarta

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »