Begini Nih Cara Mendidik Anak Dalam Hal Keuangan




Begini Nih Cara Mendidik Anak Dalam Hal Keuangan 









Jangan cuma menuhi nafsu beli ini itu bro, nanti ujung-ujungnya mabok liat rekening kering



Sebagai generasi penerus, anak-anak seringkali terlupakan, padahal begitu mereka terlahir ke dunia, peran orangtua yang maha berat dimulai. Gimana gak berat, setiap orangtua harus benar-benar memikirkan bagaimana mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi dunia nyata.

Orangtua harus mengutamakan tentang manajemen keuangan sebagai hal penting di dalam dunia nyata. Itulah kenapa kita harus mendidik anak agar mampu melakukannya mulai dari hal-hal yang paling sederhana dan lekat dengan keseharian.

Kenyataannya banyak orangtua yang masih salah kaprah dan beranggapan bahwa pendidikan formal seperti sekolah sudah cukup sebagai bekal anak di kemudian hari. Hal ini gak sepenuhnya salah. Orangtua juga perlu mendidik anak tentang hal-hal yang gak pernah mereka dapatkan di sekolah, misalnya tentang pengelolaan keuangan pribadi.
  

Mendidik anak berhemat, harus dimulai dari diri sendiri
Ayo ayah, ibu, anak-anak mencontoh perilaku kita loh. Oleh karena itu, jika kita ingin anak jadi pribadi yang hemat, ya kita juga harus memiliki kebiasaan tersebut. Berhemat bukan berarti pelit ya, tapi gak memboroskan uang untuk pengeluaran yang gak perlu.

Lalu bagaimana sih cara mengendalikan diri agar dapat berhemat? Intinya adalah pengendalian diri. Pernah gak mendengar tentang “uji marshmallow?” Ini adalah ujian di mana seorang anak yang suka marshmallow diberikan sebuah marshmallow dan ia dapat memilih untuk langsung memakannya atau menunggu beberapa saat hingga diberikan yang berikutnya.
 

Bila si anak dapat menunggu, ia diperbolehkan memakan beberapa marshmallow sekaligus, bukan satu per satu. Wikipedia pun mengatakan bahwa pengendalian diri adalah kemampuan yang penting bagi kesuksesan hidup. Jadi jelas dong kalau anak harus diajari cara mengendalikan diri.

Memperkenalkan Uang Kepada Anak
Setelah anak dapat menghitung dan mulai masuk Sekolah Dasar, kenalkan dengan uang.  Jangan lupa ajari juga mereka cara menghitung uang, memperkenalkan berbagai pecahan mata uang, serta cara menyimpannya.

Anak usia sekolah pasti sudah mengenal “jajan di sekolah”, sehingga inilah waktu yang tepat untuk mendidik anak dalam mengelola keuangan. Inilah cara mendidik anak soal keuangan yang dapat kita lakukan :
  

1. Beri mereka uang saku harian, lalu mingguan
Gak ada salahnya memberi anak uang saku. Jumlahnya gak menjadi masalah. Untuk anak yang lebih kecil, kita dapat memberi dalam jumlah sedikit setiap hari. Sedangkan anak yang lebih besar, dapat diberikan setiap minggu. Mengapa demikian? Supaya anak yang lebih besar belajar mengatur pengeluarannya sehari-hari dalam seminggu.

2. Perbedaan antara keinginan dan kebutuhan
Anak-anak juga harus diajari perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Bahkan orang dewasa masih sering melakukan kesalahan dengan pengeluaran karena lupa untuk membedakan antara apa yang sebenarnya dibutuhkan dan apa yang diinginkan.
 

3. Ajarkan mereka tentang menabung
Kebiasaan menabung sangat diwajibkan loh untuk ditanamkan pada anak-anak dari usia sedini mungkin. Kita bisa mulai dengan membelikan celengan dengan bentuk karakter yang mereka sukai. Kita dapat mendidik agar mereka menabung sebagian uang, sehingga gak semua uang yang diberikan mereka habiskan begitu saja.

4. Mengingatkan mereka tentang utang
Sudah paham dong dengan pergaulan anak-anak zaman sekarang. Seiring dengan perkembangan pergaulan, mungkin teman-teman anak kita sudah dapat meminjam uang kepada sesama temannya.



Jelaskan kepada anak bahwa meminjam uang adalah kebiasaan yang kurang baik. Saat meminjam uang, itu artinya mereka harus mengembalikan. Biasakan mereka mengendalikan diri ketika ingin jajan atau membeli sesuatu di kantin sekolah menggunakan uang sendiri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »