4 Keterampilan Keuangan yang Harus Diajarkan pada Anak


4 Keterampilan Keuangan yang Harus Diajarkan pada Anak




 Pendidikan finansial penting untuk diberikan sedini mungkin kepada anak-anak. Sayangnya, pendidikan finansial tidak diajarkan di bangku sekolah.
Oleh karena itulah pendidikan finansial untuk anak-anak harus dilakukan sendiri oleh orang tua.
Menurut CheatSheet, Kamis 5 Mei 2016, ada empat pelajaran finansal yang sebaiknya diajarkan kepada anak-anak. Berikut ini adalah pelajaran tentang finansial yang sebaiknya diajarkan kepada anak-anak.
1. Bisa Membedakan Kebutuhan dan Keinginan
Anak-anak sering mengalami kesulitan untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Semuanya tampak seperti kebutuhan bagi anak-anak. Jadi, sangat penting untuk mengajarkan mereka bagaimana menunda keinginan sehingga mereka dapat menggunakan keuangan mereka untuk membeli apa yang benar-benar dibutuhkan, seperti menabung untuk mengatasi kebutuhan mendesak.
"Ketika mengajar anak-anak dalam membedakan kebutuhan dan keinginan, mintalah mereka menunjuk mana yang kebutuhan dan keinginan di antara makanan dan pakaian yang sudah Anda beli hari itu," kata Biro Perlindungan Konsumen Keuangan Amerika Serikat.
2. Pentingnya Menabung
Jika memberikan uang saku pada anak, ini adalah waktu yang sempurna untuk mengajarkan tentang menyisihkan uang untuk dimasukkan dalam tabungan. Karena masih anak-anak, belikan mereka celengan yang lucu-lucu untuk menambah semangat dalam menabung. Anak-anak usia 3 dan 5 tahun harus diajarkan bahwa uang dibutuhkan untuk membeli sesuatu.
Ketika mereka bertambah dewasa, siapkan sebuah rekening untuk anak-anak di bank dan ajarkan dasar-dasar perbankan. Bank Indonesia sendiri telah menerbitkan TabunganKu yang bisa dibuka di bank-bank umum seperti BCA, Mandiri, BNI dan yang lainnya. Setoran awal untuk TabunganKu cukup murah, hanya Rp 20 ribu. Selain itu, bank-bank tersebut juga punya program tabungan khusus anak sendiri.
3. Dasar-dasar Investasi
Ketika anak mencapai sekitar usia 10 tahun, mereka harus memahami apa itu investasi dan bagaimana untuk memulainya. Jika ingin anak tahu tentang saham, Anda bisa membantu proses belajarnya dengan mengajak mereka bermain permainan tentang saham yang tentunya dibuat menyenangkan. Stock Market Game merupakan salah satu permainan yang patut dipertimbangkan. Game ini akan menguji keterampilan pengguna dengan melakukan investasi menggunakan uang virtual.
4. Bahaya Penipuan Online
Di zaman yang serba digital, semuanya dilakukan secara online. Anak-anak pun juga harus diajarkan tentang bahaya penipuan secara online. Mereka diajarkan tentang bahaya membagikan informasi keuangan pribadi di Internet, seperti nomor kartu kredit dan rekening bank. Situs-situs seperti OnGuardOnline.gov dan Net Cetera bisa dijadikan rujukan untuk mendapatkan tips-tips menjauhkan anak-anak dari bahaya online.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »