Mempercantik Taman Rumah dengan Bujet di Bawah Rp 3 juta? Bisa Dong!




Mempercantik Taman Rumah dengan Bujet di Bawah Rp 3 juta? Bisa Dong!


 

Salah satu elemen yang bikin rumah nyaman ditinggali adalah taman. Tapi bisa kebalikannya, kalau taman gak keurus, bukan gak mungkin rumah malah terkesan kumuh.

Ukuran taman gak jadi masalah. Mau kecil atau besar selama terawat dengan baik tentu bakal menyegarkan mata.

Jangan salah, taman yang mungil juga bisa membuat rumah lebih nyaman dan indah. Mempercantik taman rumah bisa dilakukan dengan banyak cara tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Memilih rumput

Rumput tentu menjadi elemen penting dalam taman. Pastinya kurang afdhol dong, kalau taman cuma dibiarkan gersang tanpa rumput.

Untuk rumput, kamu bisa memilih rumput gajah mini yang mudah ditanam dan minim perawatan. Jadinya gak perlu sering-sering memotong rumput deh.



Harga rumput gajah mini sekitar Rp 15 ribu – Rp 20 ribu per meter perseginya. Jadi misalkan ukuran tamanmu cuma 4 meter persegi, kamu cuma tinggal menyiapkan Rp 80 ribu buat rumput.
  

Tanaman

Aneka ragam tanaman asal Indonesia tentu sedikit membuat bingung. Kira-kira apa yang cocok buat taman tersebut.

Sebelum memilih tanaman, ada baiknya buat mengecek kondisi tanah. Cek konturnya, apakah rata atau sedikit berbukit.

Tingkat kesuburan tanah juga perlu dicek, tanaman bunga lebih cocok ditanam pada tanah berwarna hitam karena kesuburannya tinggi. Sementara tanaman buah cocok ditanam pada tanah berwarna merah kecoklatan.
 

Tanaman tropis seperti palem dan perdu bisa jadi pilihan utama. Soalnya jenis tanaman ini tergolong mudah ditanam.

Harga bibit palem juga murah, mulai dari Rp 25 ribu – Rp 50 ribu tergantung ukurannya.

Pot dan Bunga

Kalau rumput dan pohon sudah ditanam, kamu juga bisa menghias dinding taman dengan pot dan bunga. Pilihlah tanaman yang tahan banting, alias gak mudah layu.

Contohnya, sirih gading, lidah mertua (Sansevieria), lili paris, dracaena, bromelia, sukulen dan kaktus. Selain mudah dijumpai dan harganya murah, jenis tanaman ini cocok untuk outdoor maupun indoor.



Untuk pemilihan pot bisa disesuaikan. Mau yang digantung atau diletakkan di tanah. Yang jelas, harus disesuaikan dengan besar taman juga. Jangan sampai pot yang diletakkan di tanah malah menimbulkan kesan ‘penuh’.

Harga bibit antara Rp 50 ribu sementara pot dari Rp 50 ribu – Rp 200 ribu.

Bermain dengan Pencahayaan

Jangan biarkan taman indahmu berada dalam kegelapan. Pencahayaan juga penting agar taman tetap bisa dinikmati di kala malam hari.

Kalau tamanmu tergolong kecil, kamu bisa menentukan titik fokus pada satu tanaman favoritmu. Kamu bisa menggunakan model lampu sorot atau lampu berdiri. Jangan lupa memilih lampu taman yang tahan air.

Saat ini sudah banyak situs belanja online yang menjual lampu taman. Harganya berada di kisaran Rp 200 ribu – Rp 500 ribu.

Furnitur

Menggunakan taman untuk santai di sore atau malam hari? Kenapa gak. Untuk itu kamu butuh furnitur biar bisa berlama-lama menikmati segarnya taman.

Memilih furnitur tentu harus disesuaikan dengan ukuran taman. Kalau tamanmu tergolong kecil, meja, kursi dan payung sudah cukup.



Selain membeli langsung ke toko furnitur, kamu juga bisa mengkreasikan idemu. Tinggal beli bahan kayu bekas, kamu bisa datang ke tukang kayu untuk merealisasikannya.

Harga furnitur bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sesuaikan saja dengan bujet yang ada.

Nah, kalau ditotal, pengeluaran yang kamu butuhkan buat tamanmu gak besar-besar amat. Coba deh hitung:

  • Rumput gajah mini: Rp 80 ribu
  • Tanaman: Rp 200 ribu
  • Pot dan tanaman: Rp 200 ribu
  • Pupuk: Rp 50 ribu
  • Pencahayaan: Rp 400 ribu
  • Furnitur: Rp 1,5 juta
Total: Rp 2.430.000

Menghias dan merawat taman bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk melepas stress. Gak usah repot keluar rumah cuma buat mencari hiburan kalau begitu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »