Facebook Ternyata Dapat Mempengaruhi Mood Anda




Facebook Ternyata Dapat Mempengaruhi Mood Anda

 

Facebook saat ini memiliki lebih dari 1.3 miliar pengguna di seluruh dunia. Berjuta-juta postingan dibuat setiap hari. Jika Anda seorang pengguna Facebook yang aktif dengan jumlah teman ratusan bahkan ribuan, tentunya beranda yang dipenuhi postingan dengan berbagai macam nada adalah hal biasa. Melihat isi beranda yang bermacam-macam setiap hari, pernahkan Anda berpikir apa pengaruh postingan-postingan tersebut terhadap diri Anda?

Sebuah tim gabungan dari Universitas Cornell, Unversitas California dan Facebook mengadakan penelitian terhadap efek Facebook terhadap emosi penggunanya. Ketika seseorang sering melihat postingan bernada negatif di beranda, itu akan mempengaruhi emosinya dan membuatnya cenderung mem-posting hal bernada negatif. Sebaliknya dengan seseorang yang sering melihat beranda yang berisi postingan positif, mood-nya juga akan terbawa positif.

Kesimpulan ini diambil setelah uji coba terhadap 689.003 pengguna Facebook yang dipilih secara acak. Halaman Facebook mereka dimanipulasi dengan memasukkan banyak postingan negatif dan juga positif. Hasil enelitian ini juga membantah anggapan bahwa postingan positif dapat menimbulkan efek sebaliknya pada emosi pengguna.

Efek menular ini, seperti yang dikatakan oleh Jeff Hancock, profesor dari Universitas Cornell, juga terjadi bukan hanya di dunia maya, namun juga dapat terjadi di dunia nyata saat interaksi sedang terjadi. Menurut catatan dari Facebook sendiri, postingan bernada positif lebih banyak daripada negatif.

Artikel ini ditulis oleh : M. Faris Faishal Afif

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »