5 Juragan Teknologi Ini Tak Pernah Lulus Kuliah




5 Juragan Teknologi Ini Tak Pernah Lulus Kuliah
 
 

Gelar sarjana mungkin bukan jaminan untuk menjadi sukses. Tengok saja nama-nama orang hebat di dunia yang berkecimpung di dunia teknologi, seperti Mark Zuckerberg CEO Facebook, Bill Gates Bos Microsoft, dan pendiri Google Sergey Brin dan Lary Page.
Dunia teknologi bukan sesuatu yang mudah untuk dijalani. Dibutuhkan keahlian, wawasan dan banyak ide untuk masuk ke dalamnya. Mereka yang lulus dan menyandang sarjana IT saja belum tentu dapat sukses seperti nama-nama tokoh teknologi yang berada di atas.
Bahkan Peter Thiel, seorang investor kaya keturunan AS-Jerman sempat memberikan tawaran yang sedikit gila, yaitu ia akan memberikan dana basar-besaran untuk siswa di AS yang rela keluar dari bangku perkuliahan untuk menjadi seorang teknopreneur seperti yang ditulis Business Insider.
Berikut adalah jajaran bos teknologi yang tak pernah menyelesaikan kuliah:
Bill Gates (Microsoft) – kekayaan mencapai US$ 18,8 miliar
Hingga saat ini nama Bill Gates masih tetap berada dalam jajaran atas dunia teknologi yang paling disegani. Pendiri Microsoft ini sempat duduk di bangku perkuliahan di Havard University pada tahun 1973, namun ia lebih memlih keluar dan berkolaborasi dengan Paul Allen untuk membangun Microsoft.
Mark Zuckerberg (Facebook) – kekayaan US$ 34 miliar
Selanjutnya ada Bos Facebook. Mark Zuckerberg keluar dari Havard pada tahun kedua perkuliahan.  Semasa kuliah Mark membuat sistem jaringan sosial untuk kelasnya. Tetapi setelah ia membuat sistem tersebut, ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung didalamnya. Sistem itu lama-kelamaan telah menjaring universitas terdekat dari tempatnya kuliah, dan inilah awal dari Facebook yang kita kenal saat ini. Karena teralu asik dengan sistem yang dibuatnya, Mark melupakan kuliahnya.
Facebook menjadi perusahaan go public pada tahun 2012 lalu, dari proses IPO-nya tersebut, nilai Facebook mencapai angka fantastis US$ 200 miliar.
Steve Jond (Apple) – kekayaan US$ 7miliar
Untuk seorang teknopreneur seperti Steve Job universitas tampaknya bukan tempat yang cocok untuk dirinya. Ia lebih meutuskan untuk keluar dari Reed College dan memabngun Apple. Hingga kini Apple pun terus berinovasi meski ia telah tiada.
Jack Dorsey (Twitter) – kekayaan US$ 2,6 miliar
Jack Dorsey adalah salah satu pendiri Twitter. Ia sempat kuliah di Missouri University of Science and Technology, sebelum akhirnya pindah ke New York University. Namun di NYU ia justru semakin merasa tidak cocok dengan kurikulum perkuliahan. Dorsey pun akhirnya memulai Twitter.
Jan Koum (WhatsApp) – kekayaan US$ 7,6 miliar
Semenjak diakuisisi oleh Facebook Jan Koum mendadak populer dan menjadi miluner. Koum awalnya dalah mahasiswa jurusan matematika dan ilmu computer di San Jose State University. Namun karena tidak nyaman ia pun melamar ke Yahoo.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »